Waspadai Bahaya WiFi Gratis

57 views
signal, travel, landscape

Bahaya Wifi Gratis. Foto: Pixabay

WiFi gratis atau WiFi publik dapat ditemukan di mana-mana, mulai di tempat wisata, hotel, restoran, hingga kedai kopi. Setiap orang pun bisa menikmati koneksi internet saat berada di luar rumah.

Namun, ada bahaya yang mengintai WiFi gratis. Menurut IT Security Consultant PT Prosperita – ESET Indonesia, Yudhi Kukuh, sesuatu yang gratis belum tentu dapat menjamin keamanan, malah cenderung bisa merugikan.

“Pengguna sering mendapat ancaman dari eksploitasi WiFi publik,” katanya dalam siaran pers Prosperita yang diterima reaktor.co.id, Senin (17/6/2019).

Dikataiannya, bahaya WiFi gratis yang paling umum adalah serangan Man in the Middle (MitM), yaitu seorang peretas mencegat komunikasi antara dua pihak, kemudian mencuri informasi pribadi korban yang dapat disalahgunakan peretas.

“Mengambil tindakan pencegahan sangat penting untuk memastikan para penjahat siber tidak mencuri data, kata sandi, memata-matai Anda, dan berbagai skenario jahat lainnya,” kata Kukuh.

Yudhi pun berbagi tips keamanan siber untuk terhindar menjadi korban akibat diretas melalui eksploitasi WiFi dan tetap aman berbelanja online sebagai berikut:

  1. Hindari penyimpanan informasi pembayaran di portal pengecer, untuk mencegah kemungkinan hilangnya data melalui pelanggaran data.
  2. Pastikan bahwa transaksi dilakukan pada jaringan aman dan bukan pada jaringan publik.
  3. Pastikan bahwa situs web tempat mereka melakukan transaksi aman, dan bahwa mereka ada di situs web resmi pengecer.
  4. Tautan dari banner iklan berpotensi menyebabkan pembeli online ke situs imitasi pengecer, yang dilakukan dalam upaya mencuri data pribadi dan keuangan.
  5. Gunakan fitur hotspot ponsel.
  6. Jika Anda benar-benar harus terhubung ke jaringan WiFi publik, pastikan untuk terhubung ke yang sah.
  7. Terkadang peretas akan membuat jaringan imitasi (kembaran berbahaya atau spoof) untuk menipu Anda agar masuk ke jaringan dengan nama yang sama. Tidak ada salahnya untuk memverifikasi dengan fasilitas yang tepat untuk terhubung.
  8. Hindari masuk ke layanan sensitif, seperti aplikasi perbankan, email atau transaksi online.
  9. Gunakan layanan keamanan dasar seperti antivirus dan pertimbangkan VPN. (R1).*

 

hotspot Internet wifi

Related Post

Leave a reply