Warganet Serukan Pembubaran KPI

119 views

spongebob

Reaktor.co.id — Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) tengah menjadi sorotan warganet. Lembaga yang mengawasi penyiaran radio dan televisi Tanah Air itu dianggap mengeluarkan sejumlah keputusan aneh.

Terbaru, KPI menegur stasiun Global TV (GTV) yang menayangkan tayangan kartun Spongebob Squarepants. KPI menyoal salah satu tokoh Spongebob yang melakukan pelemparan kue tart dan pemukulan.

Sutadara Joko Anwar turut meramaikan tagar #BubarkanKPI di Twitter. Sutradara Gundala itu dengan tegas menuliskan tagar Bubarkan KPI.

Joko juga mengunggah foto ilustrasi sejumlah tayangan televisi yang mendapat teguran dan sanksi KPI, seperti infotainment “Obsesi” Global TV, “Ragar Perkara” Tv One, dan “Rumpi” Trans TV.

Dilansir laman resminya, Kamis (5/9/2019), KPI melayangkan surat teguran terhadap 14 program siaran, termasuk The Spongebob Squarepants Movie dan promo film Gundala.

Program siarang yang ditegur KPI dinilai melanggar aturan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3-SPS) KPI 2012.

Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo mengatakan program-program tersebut mengandung kekerasan, adegan kesurupan, pemanggilan arwah, konflik pribadi, dialog dan gerakan sensual serta privasi.

“Kami tidak ingin muatan tersebut mendorong mereka percaya pada kekuatan paranormal, klenik dan praktik seputar supranatural. Perlindungan terhadap kepentingan kepentingan tumbuh kembang psikologi dan perilaku anak-anak remaja harus dijaga,” tutur Mulyo dilansir tirto.id.

Tagar #BubarkanKPI sebelumnya juga menjadi trending topic di Twitter ketika KPI berencana mengawasi Netflix, YouTube, dan Facebook.

Menurut Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, rencana ini tidak muncul begitu saja, namun karena adanya pengaduan ke lembaga yang Ia pimpin.

“Kami mendapatkan pengaduan masyarakat soal media baru ini,” katanya.

Komisi Penyiaran Indonesia

Daftar 14 Program Siaran yang Dianggap Melanggar Aturan

Berikut daftar 14 program siaran yang diberi sanksi, sebagaimana dilansir situs resmi KPI:

  1. Program Siaran Jurnalistik “Borgol” GTV
  2. “Big Movie Family: The Spongebob Squarepants Movie” GTV
  3. “Ruqyah” Trans 7
  4. “Rahasia Hidup” ANTV
  5. “Rumah Uya” Trans 7
  6. Program “Obsesi” GTV
  7. Promo Film “Gundala” TV One
  8. “Ragam Perkara” TV One
  9. “DJ Sore” Gen FM
  10. “Heits Abis” Trans 7
  11. “Headline News” Metro TV
  12. “Centhini” Trans TV
  13. “Rumpi No Secret” Trans TV
  14. “Fitri” ANTV.

Profil Singkat KPI

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, KPI terdiri atas KPI Pusat dan KPI Daerah (tingkat provinsi).

Anggota KPI Pusat (9 orang) dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan KPI Daerah (7 orang) dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Anggaran program kerja KPI Pusat dibiayai oleh APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) dan KPI Daerah dibiayai oleh APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah).

KPI berfungsi mewadahi aspirasi serta mewakili kepentingan masyarakat akan penyiaran. KPI bertugas mengawasi agar penyiaran sesuai dengan tujuan memperkukuh integrasi nasional, terbinanya watak dan jati diri bangsa yang beriman dan bertaqwa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dalam rangka membangun masyarakat yang mandiri, demokratis, adil, dan sejahtera, serta menumbuhkan industri penyiaran Indonesia.

Komisioner KPI Pusat 2019-2022

  1. Agung Suprio (Ketua)
  2. Mulyo Hadi Purnomo (Wakil Ketua)
  3. Irsal Ambia
  4. Yuliandre Darwis
  5. Nuning Rodiyah
  6. Hardly Stefano
  7. Mohammad Reza
  8. Aswar Hasan
  9. Mimah Susanti.

 

KPI Penyiaran Spongebob

Related Post

Leave a reply