Warganet Kenang Puisi Cinta Habibie untuk Ainun

263 views

Warganet Kenang Puisi Cinta Habibie untuk Ainun

Reaktor.co.id, Jakarta — Almarhum BJ Habibie yang wafat Rabu (11/9/2019) dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Hampir seluruh stasiun televisi menyiarkan langsung prosesi upacara pemakaman jenazah BJ Habibie mulai dari penyerahan pihak keluarga kepada negara di rumah duka hingga pemakaman di TMP Kalibata.

Di media sosial, warganet meramaikan tagar #RIPBJhabibie sehingga menjadi Trending Topic di Twitter. Salah satunya dengan mengenang puisi Habibie untuk istri tercinta, Hasri Ainun.

Puisi ini disebutkan ditulis Habibie saat momen mengenang wafatnya Ainun, Juni 2015. Hasri Ainun Habibie meninggal di München, Jerman, 22 Mei 2010, pada umur 72 tahun.

Puisi Habibie untuk Ainun

Sebenarnya ini bukan tentang kematianmu, bukan itu. Karena aku tahu bahwa semua yang ada pasti menjadi tiada pada akhirnya, dan kematian adalah sesuatu yang pasti, dan kali ini adalah giliranmu untuk pergi, aku sangat tahu itu.

Tapi yang membuatku tersentak sedemikian hebat, adalah kenyataan bahwa kematian benar-benar dapat memutuskan kebahagiaan dalam diri seseorang, sekejap saja, lalu rasanya mampu membuatku nelangsa setengah mati, hatiku seperti tak di tempatnya dan tubuhku serasa kosong melompong, hilang isi.

Kau tahu sayang, rasanya seperti angin yang tiba-tiba hilang berganti kemarau gersang.

Pada airmata yang jatuh kali ini, aku selipkan salam perpisahan panjang, pada kesetiaan yang telah kau ukir, pada kenangan pahit manis selama kau ada, aku bukan hendak mengeluh, tapi rasanya terlalu sebentar kau disini.

Mereka mengira aku lah kekasih yang baik bagimu sayang, tanpa mereka sadari, bahwa kaulah yang menjadikan aku kekasih yang baik. Mana mungkin aku setia padahal memang kecenderunganku adalah mendua, tapi kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia, kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini.

Selamat jalan, kau dari-Nya, dan kembali pada-Nya, kau dulu tiada untukku dan sekarang kembali tiada.
Selamat jalan sayang, cahaya mataku, penyejuk jiwaku, selamat jalan calon bidadari surgaku

-Bacharuddin Jusuf Habibie-

Bukan Karya Habibie

Dilansir detik.com, puisi cinta untuk Hasri Ainun Habibie yang menyebar di dunia maya sejak lama itu bukan karya BJ Habibie.

Pihak keluarga menyangkal puisi itu merupakan karya Habibie.

“Tidak benar. Ada beberapa alasan yang membuat itu tidak benar,” kata juru bicara keluarga Habibie, Watik Pratiknya, Kamis (27/5/2010).

Menurut Watik, dengan menyebarnya puisi tersebut, ada orang-orang yang mendompleng meski tujuannya tidak jahat.

“Ada orang yang mendompleng. Memang nggak maksud jahat. Ya nggak apa-apa. Tapi itu tidak benar (karya Habibie),” jelasnya.

Puisi berjudul “Puisi Habibie ‘tuk Ainun” ini dikira karya Habibie karena di bawahnya tertulis nama BJ Habibie.

The Habibie Center (THC) lewat akun Twitternya juga menyangkal puisi itu karya BJ Habibie. @habibiecenter: Puisi yang beredar BUKAN puisi BJH. Hehehe. Ada aja yg iseng yaaa. 🙂

Warganet Kenang Puisi Cinta Habibie untuk Ainun

Ainun BJ Habibie Puisi Habibie

Related Post

Leave a reply