Upah Buruh Juga Masuk UU Omnibus Law

724 views

Omnibus Law

Reaktor.co.id, Jakarta — Upah dan pesangon tenaga kerja (buruh/pekerja) bakal masuk dalam pembahasan RUU Cipta Lapangan Kerja melalui skema Omnibus Law.  Selama ini, upah dan pesangon menjadi tarik-ulur antara kalangan buruh dan pengusaha.

Masuknya upah dan pesangon dalam UU Omnibus Law dikemukakan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

“Ya ada upah, ada pesangon. Ya, itu di antaranya,” katanya di Jakarta, Selasa (17/12/2019), usai mengikuti rapat koordinasi di kantor Kemenko Perekonomian. Ia mengaku pertemuan tersebut hanya mendengarkan masukan terkait isu ketenagakerjaan.

RUU Cipta Lapangan Kerja menjadi salah satu beleid baru yang diusulkan menjadi UU baru lewat skema Omnibus Law. Ketenagakerjaan termasuk dalam kluster pembahasan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menegaskan akan merombak besar-besaran puluhan peraturan perundangan-undangan.

“Sudah kita hitung ada 74 UU yang kita minta revisi,” kata Jokowi dalam acara Musyawarah Nasional HIPMI di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Jokowi menegaskan tak lagi mau ambil pusing terhadap masalah-masalah yang selama ini membuat Indonesia tertinggal dari negara lain hanya karena peraturan perundang-undangan yang berbelit.

“Kita minta revisi agar kecepatan, bergerak, bersaing dengan negara lain,” kata Jokowi.

Jokowi lantas menyinggung rencana pemerintah mengeluarkan sebuah payung hukum sakti bernama Omnibus Law, yang memungkinkan pemerintah membatalkan sejumlah ketentuan dalam UU.

Konsep Omnibus Law adalah suatu peraturan perundang-undangan yang dibuat secara lalu lintas undang-undang sektoral untuk mencabut berbagai ketentuan dari sektor-sektor tersebut. Aturan ini dianggap cara paling efektif mengatasi soal izin. (CNBC Indonesia)

Omnibus Law

Omnibus Law revolusi di bidang hukum

Hukum Omnibus Law pesangon Upah Buruh

Related Post

Leave a reply