Tuntut UMK 2021, Ribuan Buruh Jatim Demo Kantor Gubernur

92 views

Reaktor.co.id, Surabaya — Lebih dari 10 ribu buruh dari berbagai daerah di Jawa Timur berunjuk rasa di depan kantor Gubernur Jawa Timur Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya, Kamis (19/11/2020).

Massa dari berbagai elemen buruh bersatu, selain menuntut penolakan Omnibus Law, juga menuntut penetapan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) tahun 2021.

Koordinator aksi, Muadji Santoso, dari Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) Kota Surabaya mengatakan, di dalam Undang-Undang No. 11 tahun 2020 Omnibus Law, kewenangan Dewan Pengupahan dihapuskan, tapi tidak ada juklak (petunjuk pelaksanaan) lebih lanjut, jadi ada kevakuman hukum.

Maka rujukannya harus Undang-Undang sebelumnya, yaitu PP (Peraturan Pemerintah) No 78 tahun 2015 dan SE (Surat Edaran) Menteri Tenaga Kerja.

“SE Menaker mengatakan UMK tidak naik, sedangkan kedudukan PP lebih tinggi dari SE, jadi mau tidak mau wajib hukumnya Gubernur harus menetapkan UMK sesuai dengan PP 78/2015. Di sini Dewan Pengupahan Kota sudah mengusulkan UMK berdasar pertumbuhan ekonomi dan inflasi,” kata Muadji.

Aksi berlangsung damai. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menemui massa malam hari dan berjanji segera menetapkan UMK se-Jatim hari ini, Jumat (10/11/2020). (kas)

 

Aksi Demo Demo Buruh UMK Jatim 2021 upah minimum

Related Post

Leave a reply