Tuntut Kenaikan UMSK, Koalisi Buruh Gelar Aksi di Depan Kantor Bupati Karawang

219 views
Demo Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan Karawang

Aksi Demo Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan Karawang. (Foto: FSP LEM SPSI)

Reaktor.co.id, Karawang —  Ratusan pekerja/buruh yang tergabung dalam Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan (KBPP) menggelar aksi demonstrasi di Kantor Bupati Karawang, Jawa Barat, Selasa (2/7/2019).

Mereka menuntut Pemerintah Kabupaten Karawang untuk segera merekomendasikan Kenaikan Upah Minimum Sektoral (UMSK) Tahun 2019 kepada Gubernur untuk segera disahakan. Hanya Karawang yang belum ada kenaikan UMSK untuk tahun 2019.

Aksi unjuk rasa melibatkan seluruh perwakilan pekerja yang ada di Kawasan Industri Kabupaten Karawang yang tergabung dalam KBPP. Aksi dimulai dari Kawasan Industri dan berkumpul di Kantor Pemda Karawang.

Akai pekerja ini didukung Ketua Dewan Pimpinan Daerah Forum Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPD FSP LEM SPSI) Provinsi Jawa Barat, Muhamad Sidarta.

Wakil Ketua LKS Provinsi Jawa Barat ini mendukung perjuangan pekerja Karawang karena memang untuk wilayah Jawa Barat yang belum ada UMSK baru hanya Kabupaten Karawang.

“Begitu Bupati merekomendasikan ke provinsi, maka akan didorong untuk dilakukan pleno agar segera di SK-kan gubernur,”  kata Muhamad Sidarta dalam orasinya di mobil komando.

Pengunjuk rasa beraudiensi dengan perwakilan Pemkab Karawang, yakni Asda 2 dan Kadisnaker Karawang H. Suroto. Pihak pekerja diwakili Ketua KBPP yang juga Ketua DPC FSP LEM SPSI Karawang, Agus Jaenal.

Menurut Agus, ternyata Bupati Karawang Cellica Nurahadiana tidak ada di kantornya dan memilih dinas luar dibandingkan menemui massa.

Dalam orasinya, Agus Jaenal mengajak agar massa aksi tetap satu komando. Ia juga mengajak pekerja yang masih ada di kawasan industri yang masuk shift 1 untuk bergabung dalam aksi. (R1/FSP LEM SPSI).*

Karawang Pekerja UMSK Upah Buruh upah minimum

Related Post

Leave a reply