Tips Desain Ruang Kerja Agar Nyaman dan Tingkatkan Produktivitas

64 views

Desain Ruang Kerja

Reaktor.co.id — Desain ruang kerja bisa memengaruhi produktivitas. Desain ruang kerja yang kondusif harus dirancang sedemikian rupa sehingga membuat pekerja atau karyawan nyaman.

Beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan saat merancang ruang kerja seperti dilansir Kompas dari berbagai sumber.

Tips Desain Ruang Kerja Nyaman dan Produktif

1. Akses cahaya alami

Ruangan kerja atau ruang kantor yang suram atau kurang terang membuat karyawan menjadi bosan. Karenanya, penting bagi pengelola ruang perkantoran untuk menyedikan akses cahaya matahari ke dalam ruangan.

Selain itu, ketersediaan sinar matahari juga bisa meningkatkan kreativitas. Tidak hanya sebagai penerangan, cahaya matahari juga mampu menghilangkan tekanan dan stres.

2. Tanaman

Unsur alami dalam ruang kerja atau ruang kantor bisa didapatkan dari penggunaan tanaman. Hasil studi Texas State University 2008 menunjukkan, menempatkan tanaman di dalam kantor punya andil besar dalam kebahagiaan karyawan.

Tanaman di Ruang Kerja

Mereka yang bekerja di dalam kantor berisi beberapa tanaman merasa lebih menyukai pekerjaannya. Bahkan, kesimpulan peneliti dari Cardiff University dalam Journal of Experimental Psychology menemukan, setelah membawa masuk tanaman ke dalam kantor, produktivitas karyawan secara keseluruhan meningkat sebesar 15 persen hanya dalam waktu tiga bulan.

3. Ruang untuk bergerak

Artikel “House Beautiful” di laman Forbes menyebutkan, ketika orang terpaku pada tempat tertentu, mereka lebih cenderung kurang kreatif dan produktif.

Dengan demikian, penting membuat desain ruangan yang memudahkan mereka berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

4. Area pelarian

Rata-rata karyawan menghabiskan lebih dari tujuh jam di depan layar komputer. Dilansir Business News Daily, penting menghadirkan area khusus untuk pelarian sejenak dari rutinitas, bersantai, serta memulihkan energi.

Ruangan khusus ini juga bisa digunakan untuk pertemuan informal seperti diskusi atau brainstorming.

5. Peredam suara

Kantor juga membutuhkan dinding atau apapun yang bisa meredam bising. Tidak semua karyawan beruntung bisa memiliki ruang kerja sendiri.

Tren model kantor saat ini dirancang untuk lebih efisiensi ruang dan lebih terbuka membuat sebagian besar karyawan harus berbagi ruangan.

Selain itu, toleransi setiap karyawan terhadap kebisingan pun berbeda-beda, tergantung bidang pekerjaannya. Misalnya, pekerja seni dan kreatif diketahui mampu mentolerir kebisingan hingga 70 desibel.

6. Ruang Kerja Model Coworking Space

Ruang Kerja Coworking Space

Ruang Kerja Coworking Space (coworker.com)

Ruang kerja juga bisa didesain seperti coworking space agar lebih nyaman. Ini misalnya dilakukan Adira Insurance.

Dilansir Info Komputer, Adira Insurance menerapkan program Working at Home (WAH) guna meningkatkan produktivitas karyawan.

Untuk menunjang program WAH, Adira Insurance merancang ulang situasi tempat kerja dengan mengusung konsep coworking space. Dengan begitu, karyawan dapat bekerja secara nyaman dan efektif.

Demikian tips desain ruang kerja agar nyaman dan meningkatkan produktivitas. Bagaimana dengan ruang kerja Anda? (R1).*

 

Pekerja Ruang Kantor Ruang Kerja

Related Post

Leave a reply