Tiap Tahun Naik, Ini Dasar Hukum Kenaikan Upah Minimum Pekerja

82 views

Gaji lulusan UI 8 Juta

Reaktor.co.id — Upah minimum buruh atau gaji minimal pekerja tiap tahun dipastikan naik. Setiap tahun pemerintah melakukan penyesuaian upah minimum. Tahun 2020 upah minimum diperkirakan naik 8 persen.

Dasar hukum kenaikan upah tersebut ada tiga:

1. UU No 13/2003 tentang Ketenagakerjaan
2. PP No 78/2015 tentang Pengupahan
3. Permenaker No. 15/2018 tentang Upah Minimum

Menurut UU Ketenagakerjaan, upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang-undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.

Pasal 90 menyatakan, dalam menetapkan besarnya upah yang berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dan pekerja ini tidak boleh lebih rendah dari ketentuan upah minimum yang telah ditetapkan pemerintah setempat.

Jika pengusaha membayar upah lebih rendah dari upah minimum, maka dikenakan sanksi pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling sedikit Rp 100 juta dan paling banyak Rp 400 juta.

Upah minimum bertujuan memberikan penghasilan uang memenuhi penghidupan yang layak. Upah minimum ditetapkan gubernur atas rekomendasi Dewan Penguahan Provinsi dan/atau Bupati/Waikota.

Dasar kenaikan upah sendiri berdasarkan Kebutuhan Hidup Layak (KHL), produktivitas, dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Daftar Pekerjaan Gaji Tertinggi di Indonesia

Pasal 92 ayat (2) menyebutkan, peninjauan upah secara berkala dilakukan oleh pengusaha dengan memperhatikan kemampuan perusahaan dan produktivitas.

Peninjauan upah ini dilakukan untuk penyesuaian harga kebutuhan hidup, prestasi kerja, perkembangan, dan kemampuan perusahaan.

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 15 Tahun 2018 tentang Upah Minimum (Permenaker 15/2018) mengatur, upah minimum hanya berlaku bagi pekerja/buruh dengan masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun pada perusahaan yang bersangkutan. Upah pekerja/buruh dengan masa kerja 1 (satu) tahun atau lebih harus di atas upah minimum. (rml).*

 

Gaji Pekerja Kenaikan Upah Upah Buruh upah minimum

Related Post

  1. author

    […] Kenaikan UMP itu menggunakan formula persentase angka pertumbuhan ekonomi ditambah inflasi. Jika kondisi itu sama diberlakukan pada 2020, Shinta mengaku kenaikan akan memberatkan pengusaha karena situasi ekonomi global yang melambat. […]

Leave a reply