Tak Punya Tabungan, 63 Persen Pekerja Tak Siap Di-PHK

69 views
Pekerja Rokok

Ilustrasi Pekerja

Reaktor.co.id, Jakarta — Sebanyak 63 persen pekerja di Indonesia tidak memiliki tabungan sehingga mereka tidak siap jika mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Menurut Indeks Kesehatan Finansial dari survei perusahaan layanan keuangan GoBear Indonesia, kesadaran penduduk Indonesia untuk merencanakan keuangan masih rendah.

Namun, hal itu tidak sepenuhnya menjadi kesalahan mereka lantaran berbagai keperluan hidup, termasuk kredit barang, rumah, atau kendaraan.

Menurut Country Director GoBear Indonesia, Tris Rasika, Indonesia memperoleh skor 7,5 dari rentang nilai 1-10 terkait pekerja yang merasa aman terkait keuangan.

Baru 37 persen di antara mereka yang memiliki tabungan cukup untuk enam bulan, jika kehilangan sumber pendapatan utama atau terkena PHK.

“Orang Indonesia merasa aman secara keuangan dengan nilai 7,5 dari skala 1-10, namun baru sebagian yang memiliki tabungan untuk mencukupi kebutuhan hidup lebih dari enam bulan jika mereka kehilangan sumber pendapatan utamanya,” ujar Tris melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Beberapa hasil dari survei tersebut menunjukkan, penduduk Indonesia belum memulai perencanaan keuangan, meski sudah berusia 35 tahun.

Penduduk Indonesia ketika berusia 41 tahun bahkan baru mempersiapkan dana pensiun dan pada usai 45 tahun merasa dana pensiun yang dikumpulkan sudah cukup. (Antara)

Keuangan Pekerja PHK Tabungan Pekerja

Related Post

Leave a reply