Taiwan Tangkap 130 Pekerja Migran Ilegal Asal Indonesia

85 views
taiwan

Taipei, Taiwan. Foto: Pixabay

Badan Imigrasi Nasional Taiwan (NIA) menangkap 413 pekerja migran yang dituduh bekerja secara ilegal, Sabtu (15/6/2019). Sebagian besar dari mereka yang ditangkap adalah warga negara Indonesia dan Vietnam, terutama bekerja di lokasi-lokasi pabrik dan konstruksi.

NIA mengatakan, pihaknya memobilisasi satuan tugas khusus untuk melakukan inspeksi di 173 lokasi. Dalam operasi itu, terjaring 413 pekerja migran ilegal serta 118 majikan dan agen tenaga kerja.

Dilansir VOA Indonesia, Kantor berita pemerintah Taiwan, Central News Agency (CNA), melaporkan, aparat keamanan Taiwan menangkap 130 orang pekerja ilegal dari Indonesia dan 246 pekerja asal Vietnam.

Selama Januari – Juni 2019, NIA terus melaksanakan operasi untuk menangkap pekerja migran yang masa berlaku visa mereka telah kedaluwarsa. Pada Mei 2019, badan itu melakukan penyisiran nasional untuk menangkap migran yang bekerja di Taiwan secara ilegal.

Jumlah pekerja migran Indonesa di Taiwan sekitar 270.000 orang, termasuk lebih dari 30.000 yang bekerja di Taipei, sebagian besar sebagai pengasuh yang merawat warga lanjut usia.

Menteri Tenaga Kerja Taiwan, Hsu Ming Chun, pernah menyampaikan apresiasinya terhadap pekerja Indonesia dari sisi kedisiplinan dan sopan-santun.

“Pekerja asal Indonesia memiliki perilaku yang sangat baik, mereka sering memenangkan penghargaan yang kami berikan bagi para pekerja domestik, hampir seluruh pemenang dari Indonesia,” kata Hsu saat penandatanganan meneken nota kesepahaman (MoU) Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei (IETO) dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei di Jakarta (TETO) mengenai perekrutan, penempatan, dan perlindungan pekerja migran 14 September 2018.

Hsu berharap jika ada permasalahan mengenai pekerja akan lebih baik jika diselesaikan secara bilateral. Ia menyarankan supaya para calon pekerja mengambil uji kompetensi bahasa terlebih dahulu sebelum datang ke Taiwan.

“Bahasa adalah hal yang sangat penting, setidaknya calon pekerja harus bisa memahami kata-kata dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Hsu. (R1).*

 

Pekerja Migran taiwan

Related Post

Leave a reply