Taiwan Sejahterakan 260.000 Pekerja Migran Indonesia

72 views
Indonesian maids gather Taipei Raiwaly Station relaxation (Shutterstock)

Indonesian maids gather Taipei Raiwaly Station relaxation (Shutterstock)

Reaktor.co.id, Jakarta — Pemerintah Taiwan menyejahterakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dengan memberikan gaji dan asuransi kesehatan terbaik dibandingkan pekerja migran dari negara lain.

Hal itu dikemukakan Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO) John Chen pada resepsi Hari Nasional ke-108 Republic of China (Taiwan) di Jakarta, Selasa (8/10/2019)

“Saat ini ada sekitar 300.000 orang Indonesia yang bekerja, belajar, dan tinggal di Taiwan. Dari jumlah itu sekitar 260.000 adalah pekerja migran Indonesia,” katanya.

“Untuk para pekerja migran Indonesia, Taiwan memberikan gaji, asuransi kesehatan, dan kesejahteraan yang terbaik dibandingkan pekerja migran asing lainnya,” imbuhnya dikutip Suara Pembaruan.

Di bidang pendidikan, ada sekitar 12.000 orang Indonesia yang belajar di Taiwan. Lulusan perguruan tinggi multi-teknologi bisa magang di perusahaan-perusahaan Taiwan selama satu tahun.

John Chen juga menyatakan, kinerja keseluruhan negara Taiwan cukup menarik. Dalam hal ekonomi, Taiwan berada di peringkat ke-13 dunia, dan ke-4 di kawasan Asia-Pasifik menurut “World Competitiveness Report 2018” dari Swiss World Economic Forum (WEF).

“Taiwan juga memiliki peringkat sebagai salah satu dari empat teratas inovator super bersama Jerman, Amerika Serikat, dan Swiss. Kestabilan ekonomi secara keseluruhan menempati urutan pertama di dunia, dan sistem keuangan menduduki peringkat ke tujuh di dunia,” ujarnya.*

 

Pekerja Migran taiwan

Related Post

Leave a reply