Suhu Panas Melanda Indonesia, Ini Tips Menghadapinya

666 views

Suhu Panas

Reaktor.co.id, Jakarta — Wilayah Indonesia diprediksi mengalami panas selama sekitar satu minggu ini. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) suhu panas dan cuaca terik ini dikarenakan matahari yang berada dekat dengan jalur khatulistiwa.

“Dalam waktu sekitar satu minggu ke depan masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia mengingat posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan dan kondisi atmosfer yang masih cukup kering sehingga potensi awan yang bisa menghalangi terik matahari juga sangat kecil pertumbuhannya,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo, dalam keterangannya, Selasa (21/10/2019).

Sejak Sabtu, 19 Oktober mencatat suhu udara maksimum yang mencapai 37 C. Bahkan, pada Minggu, 20 Oktober 2019, ada tiga stasiun pengamatan BMKG di Sulawesi yang mencatat suhu maksimum tertinggi.

“Stasiun Meteorologi Hasanuddin (Makassar) 38.8 C, diikuti Stasiun Klimatologi Maros 38.3 C, dan Stasiun Meteorologi Sangia Ni Bandera 37.8 C. Suhu tersebut merupakan catatan suhu tertinggi dalam satu tahun terakhir, di mana pada periode Oktober di tahun 2018 tercatat suhu maksimum mencapai 37 C,” ucap Mulyono.

Menurut Mulyono, saat ini terjadi gerak semu matahari. Sejak bulan September 2019, matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa.

“Dan akan terus bergerak ke belahan Bumi selatan hingga bulan Desember sehingga pada bulan Oktober ini, posisi semu matahari akan berada di sekitar wilayah Indonesia bagian Selatan (Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dsb),” ujar Mulyono.

Kondisi itulah yang mengakibatkan matahari terasa lebih panas. Selain itu, kondisi kering membuat awan penghalang tak tampak.

“Ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima oleh permukaan bumi di wilayah tersebut relatif menjadi lebih banyak, sehingga akan meningkatkan suhu udara pada siang hari. Selain itu pantauan dalam dua hari terakhir, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan relatif kering sehingga sangat menghambat pertumbuhan awan yang bisa berfungsi menghalangi panas terik matahari,” kata Mulyono.

Dia menyebut kondisi ini merupakan siklus yang berulang setiap tahun.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya angin kencang yang berpotensi terjadi di pulau Jawa, Sulawesi, hingga Kalimantan. Masyarakat juga diminta menghindari aktivitas yang bisa menimbulkan kebakaran.

“BMKG mengimbau masyarakat yang terdampak suhu udara panas ini untuk minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi, mengenakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari jika beraktivitas di luar ruangan, serta mewaspadai aktivitas yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah-wilayah yang memiliki potensi tinggi karhutla,” pungkasnya dikutip laman resmi BMKG.

Suhu Panas Masih Melanda Indonesia

Suhu Panas Masih Melanda Indonesia

TIPS Menghadapi Suhu Panas

1. Perbanyak minum air putih

Cuaca yang panas dan terik dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Sebaiknya minum sekurang-kurangnya 3 liter air sehari.

Disarankan air yang diminum tidak terlalu banyak mengandung kafein atau bersoda. Karena dua zat ini malah akan membuat tubuh mudah dehidrasi.

2. Kenakan pakaian tipis dan nyaman

Cuaca terik membuat kita gampang beringat. Gunakan bahan pakaian yang dapat menyerap keringat seperti katun. Pilihlah pakaian yang tipis agar tidak merasa kegerahan.

3. Berada di dalam bangunan

Usahakan tidak terlalu lama di bawah pancaran sinar matahari atau cuaca panas. Usahakan untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan, dan pastikan pengudaraan di dalam ruang cukup.

4. Gunakan cream pelembap

Kulit kering menjadi masalah dari cuaca panas dan terik seperti ini. Karena itu, kulit yang sensitif dan mudah kering, disarankan menggunakan pelembap. Penggunaannya bisa digunakan di area wajah, tangan, dan kaki.

5. Konsumsi buah dan sayur

Dengan mengonsumsi buah dan sayur, bisa membantu tubuh memenuhi cairan yang cukup. Kondisi suhu panas akan menjadi dingin dengan mengonsumsi buah segar. Selain itu, buah dan sayur bisa jadi pengganti asupan nutrisi yang dapat membuat kamu tetap merasa sejuk. (berbagai sumber).*

 

Cuaca Panas Suhu Panas

Related Post

Leave a reply