Studi: Robot Ambil Alih 20 Juta Pekerjaan Tahun 2030

91 views

Robot Akan Ambil Alih 20 Juta Lapangan Pekerjaan di Tahun 2030

Reaktor.co.id — Robot akan mengambil alih sekitar 20 juta pekerjaan tahun 2030. Dilansir CNBC, Jumat (28/6/2019), studi terbaru dari Oxford Economics menyatakan, dalam 11 tahun ke depan akan ada 14 juta robot yang dipekerjakan di China.

Tahun 2030, diperkirakan lebih dari 1,5 juta pekerjaan di Amerika Serikat digantikan robot. Di negara-negara Uni Eropa, robot akan mengambil alih sekitar 2 juta pekerjaan.

Dua dekade ke belakang, tingkat penggunaan robot naik hingga 2,25 juta unit. Jika proses pemasangan unit robot dinaikkan hingga 30 persen, maka Produk Domestik Bruto (Gross Domestic Product/GDP) tahun 2030 juga akan naik hingga 5,3 persen.

Dipekerjakannya robot diprediksi akan mengurangi beban produksi serta meningkatkan efisiensi, produktivitas dan pertumbuhan ekonomi, namun tetap ada dampak buruk, yakni hilangnya jutaan pekerjaan.

“Sebagai hasil dari robotisasi, jutaan pekerjaan akan hilang, terutama di bagian yang tidak membutuhkan skills khusus. Ketimpangan pendapatan akan makin meningkat,” kata salah seorang peneliti.

Studi tersebut juga menunjukkan, jumlah robot yang dipasang di tempat kerja dalam 4 tahun terakhir adalah sama dengan jumlah yang digunakan selama 8 tahun sebelumnya, meningkat 2 kali lipat.

Pembuat kebijakan dan stakeholder lainnya disarankan memberikan insentif bagi perusahaan dan pekerja. Program yang mendidik pekerja agar berpikiran maju juga perlu dikembangkan, untuk menangkal dampak negatif otomatisasi.

Pekerja juga disarankan untuk mengaudit pekerjaan mereka sendiri untuk lebih memahami keseimbangan antara keterampilan manusia yang dibutuhkan dan keterampilan yang berpotensi diambil alih oleh mesin. (R1/CNBC).*

 

Pekerja pekerjaan robot

Related Post

Leave a reply