STB TV Digital Gratis Hanya untuk Rumah Tangga Miskin Ekstrem

18 views

STB TV Digital

Reaktor.co.id, Jakarta — Mulai 2 November 2022 siaran televisi (TV) analog akan dihentikan di seluruh wilayah Indonesia dan digantikan dengan siaran TV digital. Agar bisa menonton siaran TV digital, masyarakat harus mengganti pesawat TV dengan TV digital atau menggunakan Set Top Box (STB).

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memberikan bantuan STB gratis untuk rumah tangga atau keluarga miskin, dengan kriteria miskin ekstrem.

Semula, untuk yang berhak mendapatkan bantuan STB gratis ini adalah rumah tangga miskin yang masuk ke dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Selain itu, penerima bantuan STB gratis harus memiliki identitas diri (KTP), wilayahnya terdampak Analog Switch Off (ASO), dan punya TV analog. Bantuan ini agar mereka bisa menikmati siaran TV digital, saat TV analog dimatikan.

“Untuk data DTKS, itu memang Kementerian Kominfo mendapatkan dari Kementerian Sosial, namun sekarang dari Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah sedang memperbaiki data kemiskinan ekstrem,” ujar Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, dalam diskusi publik virtual yang digelar Kominfo, Jumat (5/8/2022).

“Jadi, yang diberi adalah masyarakat miskin secara ekstrem. Miskin secara ekstrem itu misalnya, sama sekali tidak punya rumah, tidak punya penghasilan tetap, dan lain sebagainya, sudah ada kriterianya,” jelasnya.

Niken menegaskan, dengan kriteria terbaru penerima bantuan set top box gratis TV digital ini, tidak semua masyarakat tidak mampu yang mendapatkannya, hanya kategori dengan spesifikasi tertentu yang berhak menerimanya.

“Jadi, memang betul untuk data orang semua tidak mampu itu diberi, itu tidak, karena rumah tangga miskin, tetapi tidak punya televisi analog, ya tidak diberi, yang diberi hanya rumah tangga miskin ekstrem yang memiliki televisi,” ungkapnya.

Bantuan set top box gratis TV digital ini akan disalurkan oleh penyelenggara multipleksing (mux) dan Kementerian Kominfo. Jika mengacu data awal, ada 6,7 juta unit yang dibagikan ke seluruh Indonesia, 5,7 juta bersumber dari penyelenggara mux dan 1 juta dari Kementerian Kominfo.

Niken mengatakan, tidak mungkin STB gratis ini dibebankan sepenuhnya kepada penyelenggara mux. Masyarakat kategori mampu diimbau untuk membeli secara mandiri perangkat penerima siaran TV digital tersebut.

“TV analog ada sekitar 40-an juta, kalau perusahaan suruh mengganti seluruhnya, ya saya rasa tidak memungkinkan,” ucapnya dikutip Detik.

Jadwal lengkap ASO di Indonesia

  1. ASO Tahap 1 pada 30 April 2022 mencakup 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota
  2. ASO Tahap 2 pada 25 Agustus 2022 di 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota
  3. ASO Tahap 3 pada 2 November 2022 mencakup 25 wilayah siaran di 63 kabupaten/kota.

TV digital tetaplah free to air alias gratis dan masih bisa diakses baik oleh TV analog maupun smart TV. Siaran TV digital memiliki kualitas ketajaman gambar dan kejernihan suara yang bisa mencapai High Definition (HD). Namun, siaran pada TV analog, harus dilengkapi dengan alat bantu penerima siaran bernama dekoder berupa Set Top Box (STB).*

 

STB TV Digital

Related Post

Leave a Reply