‘Skill’ Gitaris Fingerstyle Alip_Ba_Ta Pukau Warganet di YouTube

338 views

Alip_Ba_Ta, fingerstyle Indonesia, yang sedang trending di youtube

Reaktor.co.id  — Sepanjang tiga bulan terakhir, warganet yang hobi menonton Youtube, sebuah situs web berbagi video, tersedot perhatiannya pada video-video di kanal pribadi bernama Alip_Ba_Ta. Apa pasal?

Di channel itu, penonton dibuat terkesima oleh atraksi keterampilan sosok pria memetik gawai gitar saat meng-cover lagu-lagu. Harmoni nada-nada lewat petikan gawai gitarnya yang telah memikat hati pengagumnya itu adalah hasil kreasinya sendiri. Video-videonya menjadi viral dan jadi perbincangan warganet.

Bukan hanya lagu dari Indonesia, tetapi juga lagu-lagu hits yang sudah mendunia semacam Bohemian Rhapsody (Queen), We Are the Champion (Queen), Love of My Life (Queen), Leaving on A Jet Plane (John Denver), Patience (Guns n Roses), Thank You for Loving Me (Bon Jovi), Wind of Change (Scorpions),  Canon Rock (Johann Pachelbel/FunTwo), Dear God (Avenged Sevenfold), Lily (Alan Walker), Wonderful Tonight (Eric Clapton), You’re All I Need (White Lion), More than Words (Extreme), Panaderos Flamencos, River Flows in You (Yiruma), Super Mario Bos, dan Turkish March.

Alip juga mengkover sejumlah lagu karya pemusik dan penyanyi legendaries tanah air, seperti Entah (Iwan Fals), Kemesraan (Iwan Fals), Kereta Tiba Pukul Berapa (Iwan Fals), Kupu-kupu Kertas (Ebiet G. Ade), Aku Milikmu (Dewa 19), Pupus (Dewa 19), Kasih Tak Sampai (Padi), Tak Ada yang Abadi (Peterpan), Campursari Lingsir Wengi, Yank (Wali Band), Selaras (Tohpati), Jangan Menyerah (D’massiv), Sepanjang Jalan Kenangan (Tetty Kadi), Aku Mau (Once), Adikku (Dewa Bujana).

Bahkan lagu-lagu kebangsaan lawas seperti Indonesia Pusaka (Ismail Marzuki), Tanah Airku (Ibu Sud) tak luput dari sentuhan apik jari-jari Alip.

Ada yang menarik dari sosok gitaris fingerstyle Indonesia yang satu ini. Dan hal ini pula yang membuat banyak orang, termasuk para pengagumnya, jadi penasaran.

Sosok Alip ini misterius. Sebab, tak seperti kebanyakan youtuber, di setiap video barunya yang tayang, ia tak pernah sedikitpun mengucapkan sepatah dua patah kata.

Tak juga kalimat pembuka seperti permintaan agar memberikan LIKE (suka), COMMENT (komentar), SHARE (bagikan), dan SUBSCRIBE (berlangganan) pada setiap video yang ia unggah kepada penonton. Tak pernah sekalipun itu ia lakukan. Seakan-akan ia tak peduli, videonya ditonton orang atau tidak. Di setiap videonya, penonton langsung disuguhi keterampilannya memetik gitar mengkover lagu. Ia sering mempertontonkan keahlian fingerstyle-nya sembari duduk lesehan.

Ciri khas yang menjadi trade mark Alip_Ba_Ta adalah lokasi pengambilan video yang sangat sederhana, tampak seperti kamar kos-kosan. Dua lembar cetakan kertas perkalian dan pertambahan serta kertas alfabet latin tertempel di dinding kamar yang warna catnya sudah kusam menjadi pelengkap keserhanaan setting latar belakang video. Gitar yang ia pakai juga bukan item yang mahal.

Ia merekam video tidak di studio khusus yang penuh dengan asesoris nan indah dan estetis. Penampilan fisik dirinya pun sangat bersahaja. Hanya dibalut kaos lengan panjang dan celana pendek, plus topi, ia rekam penampilan dirinya secara apa adanya.

Tapi, kesederhanaan, sikap rendah hati, dan apa adanya di balik kemahirannya mengulik senar-senar gitar justru memukau dan membuat kagum para penonton video-videonya. Sampai-sampai para penonton dan pelanggan secara sukarela mempromosikan akun YouTube Alip_Ba_Ta. Bahkan, tak sedikit pelanggan yang meminta Alip memberitahu nomor kontak dan nomor rekening pribadinya untuk memberikan donasi mulai dalam bentuk uang, perangkat gitar plus sound sytem yang lebih mumpuni, hingga tawaran studio rekaman.

Pujian warganet terus membanjiri kolom komentar setiap video yang ia unggah di akun youtube pribadinya itu. Malah, sejumlah musikus tersohor tanah air dan bahkan luar negeri memuji kemampuan Alip, di antaranya, Dewa Budjana, FunTwo, Alexandr Misko, Uncle Igor Presnyakov, hingga gitaris Avenged Sevenfold, Synyster Gates.

Funtwo mengomentari video akustik cover Canon Rock Alip_Ba_Ta.

Wow. Is this.. possible? Thank you for the awesome sound! (Wow apakah ini mungkin? Terima kasih atas suara nada yang luar biasanya),” tulis Funtwo.

Komentar Uncle Igor dan Funtwo (YouTube Alip_Ba_Ta)

Tak hanya itu. Fanpage resmi Queen pun memberikan apresiasi dengan menayangkan video Alip saat mengkover salah satu lagu legendaris karya grup musik asal Inggris itu, Love of My Life.

A beautiful rendition of ‘Love Of My Life’ 🎸,” demikian pujian yang disematkan Fanpage resmi Queen kepada Alip_Ba_Ta.

Pujian Fanpage resmi Queen kepada Alip_Ba_ta

Aksi Alip_Ba_Ta juga mencuri perhatian gitaris fingerstyle Igor Presnyakov atau akrab disapa Uncle Igor. Uncle Igor beberapa kali berkomentar di video akustik cover Alip_Ba_Ta.

Bahkan, Brian Elwin Haner, Jr. atau lebih dikenal dengan nama Synystergates, gitaris band Avenged Sevenfold mengagumi permainan gitar Alip. Synystergates sempat mengunggah sosok Alip_Ba_Ta di instastory-nya.

Synystergates unggahn sosok Alip (Twitter @stratocstr-Instagram synystergates)

A truly amazing and unique cover. Go show him some love and remember,” begitu tulis Synystergates dalam postingannya.

Sampai berita ini ditulis, jumlah subscriber (pelanggan)-nya di YouTube telah mencapai angka 691.000. Meski begitu, pemilik akun Alip_Ba_Ta ini tetap bergeming sebagai sosok misterius. (AF)*

Berikut beberapa video Alip_Ba_Ta:

Dear God – Avenged Sevenfold (fingerstyle cover)

Canon Rock (Accoustic Cover)

Bohemian Rhapsody (original song by Queen)

Bengawan Solo (Acoustic Cover)

 

 

accoustic guitar cover Alip_Ba-Ta dewa bujana fingerstyle indonesia gitar akustik reaktor

Related Post

Leave a reply