Singapura Buka Lowongan Kerja Bidang Teknologi

27 views

singapura

Reaktor.co.id — Singapura terbuka untuk pekerja asing yang terampil, terutama di sektor teknologi.

Menurut Menteri Perdagangan Singapura, Chan Chun Sing, Singapura tidak mampu mengambil pandangan yang sempit dan menggunakan pendekatan proteksionisme layaknya negara lain yang merasa perlu membuat batasan untuk melindungi industri dan pekerja lokal.

“Dengan kekurangan keterampilan global di sektor teknologi, jika Singapura tidak tetap terbuka untuk bakat asing, kita hampir pasti akan tertinggal,” kata Chan dilansir Bloomberg, Senin (2/9/2019).

“Dalam jangka pendek, keterampilan ini akan datang dari pekerja profesional global. Namun, kita harus mengambil pandangan strategis tentang hal ini untuk mendapatkan imbalan jangka panjang bagi warga Singapura,” tuturnya.

Data pemerintah Singapura menunjukkan, lebih dari 74.000 tempat pelatihan telah beroperasi dengan TechSkills Accelerator, sebuah program yang pertama kali diumumkan dalam anggaran 2016 untuk meningkatkan keterampilan pekerja dalam teknologi informasi dan komunikasi.

Singapura telah memperketat persyaratan untuk mempekerjakan para profesional asing dalam beberapa tahun terakhir.

Chan mengatakan, Singapura tidak dapat duduk diam di tengah kekurangan bakat teknologi global, mengutip kekhawatiran yang diajukan oleh perusahaan dengan rencana ekspansi seperti Alibaba dan Grab.

“Kami hanya memiliki ruang yang kecil untuk membangun karir profesional, startup, dan perusahaan kelas atas dalam jumlah besar. Langkah yang kita ambil hari ini akan memutuskan apakah kita akan sukse sebagai hub teknologi, atau tidak. Kita harus bergerak sekarang, dan bergerak cepat,” kata Chan.

Dilansir BBC, Singapura menjadi magnet bagi talenta asing, khususnya dalam bidang pemasaran, keuangan, dan informasi teknologi.

Komunikasi, pelayaran, teknik dan periklanan semuanya memerlukan tenaga-tenaga profesional.

Berbagai perusahaan global memenuhi kota ini, termasuk Microsoft, American Express, Bain & Co, Gunvor Group, Capital Land, DBS Bank, BBDO, McCann-Erickson dan Edelman. Di industri media, Singapura adalah pusat di kawasan Asia Tenggara bagi hampir setiap pemain besar di dunia —BBC, ESPN, Discovery Channel, Asian Food Channel.

Yang kurang diketahui umum adalah Singapura sebenarnya mempunyai pusat pengilangan minyak dan menjadi markas perusahaan-perusahaan minyak seperti Shell Eastern Trading.

Di samping itu, Singapura juga membangun distrik-distrik yang diberi nama seperti Biopolis dan Fusionopolis. Ada pula Institut Penelitian Sains Nasional yang berkecimpung dalam penelitian ilmiah dan industri dan pembangunan, dengan fokus khusus pada bidang biomedis, elektronik mikro dan teknik kimia.

Institusi di Singapore terkenal mempunyai Career Development Center yang efektif. Setiap universitas biasanya sudah mempunyai program karir sejak tahun pertama mahasiswa. Mahasiswa akan dibina untuk membuat resume, interview maupun menemukan job placement. Selain itu, universitas biasanya menyelenggarakan career fair setiap tahun.

Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk terus memperbanyak jumlah penempatan pekerja migran skilled workers yang bekerja di berbagai sektor formal di Singapura.

Namun hal ini harus diiringi dengan peningkatan keterampilan kerja dan penguasaan bahasa yang baik agar tidak kalah bersaing dengan pekerja-pekerja migran dari negara lain.*

 

Lowongan Kerja Singapura

Related Post

Leave a reply