Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H

205 views

Selamat Idul Fitri

Makna Idul Fitri 1440 Hijriah sangat penting bagi perjalanan kedepan. Ibadah Ramadhan telah menggembleng setiap muslim agar meraih kemenangan dengan terlahir kembali kepada fitrah kemanusiaan yang suci dan kuat.

Usai sebulan penuh berpuasa, kaum beriman diharapkan dapat terlahir kembali dengan fitrah kemanusiaan yang suci dan mendapat kekuatan baru. Pasalnya ibadah-ibadah Ramadhan mengandung dua arti, yaitu tazkiyatun nafs yakni penyucian jiwa dan tarbiyatun nafs yakni penguatan diri.

Spirit Idul Fitri menjadi pembaruan tata kelola diri dan organisasi dalam melangkah kedepan. Spirit Idul Fitri merupakan penggerak motivasi kepemimpinan bagi organisasi serikat pekerja.

Bagi individu buruh hendaknya memetik spirit tersebut dalam wujud mentalitas disiplin yang tinggi, ulet dan memiliki agilitas atau kegesitan meskipun menghadapi bermacam rintangan dan hambatan, seperti disiplinnya orang beriman yang tengah menjalankan ibadah puasa sedang menghadapai berbagai rintangan dan godaan dalam kondisi perut sedang kosong, namun tetap menjalankan tugas profesi sebaik-baiknya. Justru puasa bisa memangkitkan tenaga ekstra  yang selama ini kurang kita sadari.

Sepanjang waktu peringatan Hari Raya Idul Fitri menjadi perhelatan akbar bagi bangsa.

Bagi kawan-kawan pekerja yang tengah melakukan liburan untuk mudik, hal itu merupakan bentuk ziarah menuju kampung halaman rohani demi menyerap energi kehidupan yang sangat berguna untuk persaingan masa depan.

Betapa luar biasa perhelatan akbar yang bernama mudik yang telah menjadikan perpindahan jutaan massa dan ratusan triliun dana segar dari kota menuju perdesaan.

Nuansa yang mendominasi wajah para pemudik tiada lain adalah keceriaan dan kegembiraan yang menyimpan dahaga dan ingin mereguk rasa kangen kepada kampung halaman rohaninya.

Dari sisi lini waktu, mudik adalah segmen pendek dari waktu kerja selama setahun. Namun waktu mudik yang relatip singkat itu bisa memulihkan energi jiwa. Alangkah baiknya jika ritual mudik ditranformasikan menjadi nilai daya saing di medan kerja.

Para pemudik semua bergerak menuju fitrah yang sama, yakni harkat kemanusiaan dan keadilan sosial. Dalam predikat sosial yang sangat beragam, semuanya ingin dimuliakan secara tulus.

Dalam kesempatan yang sangat mulia ini saya menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri  1440 Hijriyah. Taqabbalallahu minna waminkum. Mohon maaf lahir dan batin.

Arif Minardi

Ketua Umum FSP LEM SPSI, Pemimpin Umum Reaktor.co.id

 

Idul Fitri pemudik

Related Post

Leave a reply