Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019

128 views

Hari Batik Nasional

Reaktor.co.id — Bangsa Indonesia memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019. Google Doodle pun hari ini (2/10/2019) bertema Batik Day.

Laman pencarian Google hari ini dihiasi Google Doodle dengan rangaian motif batik berwarna biru dan emas. Tulisan Google yang terpajang untuk Google Doodle hari ini berwarna emas, identik dengan ciri khas batik tulis.

batik day

Batik Day

Warganet di Twitter juga meramaikan tagar #BatikDay dan Hari Batik Nasional sehingga menjadi trending topic.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menerangkan, batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya melalui proses tertentu.

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan kain batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO, yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan.

UNESCO secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Selamat Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019.

 

Batik Day Hari Batik Nasional

Related Post

Leave a reply