Sejumlah Penerbangan dari Husein Bandung Pindah ke Bandara Kertajati

93 views
Bandara Kertajati Majalengka

Bandara Kertajati Majalengka. Foto: Pikiran Rakyat

Sejumlah rute penerbangan dari Bandung ke luar Pulau Jawa akan dipindahkan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kapubaten Majalengka, Jawa Barat, mulai 1 Juli 2019.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pemindahan rute penerbangan itu dilakukan karena ada beberapa kekurangan di Bandara Husein.

“Kenapa menggunakan propeler saja? Karena di Bandung landasannya pendek, agak cekung, banyak penduduk dan sebagainya. Dengan pesawat jenis itu, kecepatannya lebih rendah, kita bisa mengantisipasi lebih baik dan keunggulan dari propeler atau yang biasa disebut ATR itu bisa melayani rute-rute pendek seperti ke Tasikmalaya,” jelasnya, Selasa (18/6/2019), dikutip Pikiran Rakyat.

Budi berharap, dengan pemindahan belasan rute penerbangan itu bisa menambah slot penerbangan lainnya di Bandara Husein.

“Kita akan rencanakan paling lambat 1 Juli 2019, secara bertahap. Ada yang tanggal 20, dan 23 Juni 2019, dengan pergerakan ada 28 take off dan 28 landing. Jadi ada 56 pergerakan pesawat yang pindah ke Kertajati yaitu semua pesawat jet dalam negeri,” jelasnya.

Menhub meminta PT Angkasa Pura II sebagai operator pengelola Bandara di Kertajati dan Bandung melakukan penataan sehingga kedua bandara tersebut dapat saling melengkapi, terutama terkait dengan rute domestik dan internasional.

“Bandung itu adalah destinasi wisata, maka kita tidak akan memindahkan pergerakan penerbangan internasional menuju Bandung. Karena dari Malaysia dan Singapura itu sangat meminati Bandung. Namun slot di Bandung terbatas, dengan adanya Kertajati maka pergerakan internasional jadi lebih bagus. Kita bagi fungsi-fungsi Bandara Husein dan Kertajati dengan kesepakatan para pihak,” ujar Menhub.

Akun twitter resmi Bandara Kertajati @infobijb menyebutkan, ada 11 rute peberbangan yang pindah dari Bandara Husein ke Kertajati, yaitu rute Bandung ke Balikpapan, Lombok, Pontianak, Denpasar, Padang, Medan, Banjarmasin, Batam, Ujung Pandang (Makassar), Pekanbaru, dan Palembang.

Angkutan umum dari Kota Bandung menuju Bandara Kertajati antara lain Damri, Lintas Shuttle, City Trans Utama, Bhinneka Shuttle, dan Baraya Travel.

Daftar 11 Rute Penerangan yang Dipindahkan dari Bandara Husein ke BIJB Kertajati

  1. Balikpapan,
  2. Lombok
  3. Pontianak
  4. Denpasar
  5. Padang
  6. Medan
  7. Banjarmasin
  8. Batam
  9. Ujung Pandang (Makassar)
  10. Pekanbaru
  11. Palembang

 

Bandara Husein Bandara Kertajati Bandung penerbangan transportasi

Related Post

Leave a reply