Saung Perjuangan Rumah LEM Banten Serap Aspirasi Anggota

125 views

Firman PUK LEM SPSI PT. KHI, Dewa Sukma, Aan Abdullah Ketua PUK LEM SPSI PT. Asoka, dan Nikmatullah pengurus PUK LEM SPSI PT. Asoka.

Reaktor.co.id, Serang — Kehidupan pekerja tak lepas dari keluh kesah. Ntah itu menyangkut ritme kerja yang mesti dilakoni sehari-hari, aturan kerja yang mungkin dirasa sangat membatasi ruang geraknya, hingga soal upah yang dinilai masih jauh dari memadai untuk menopang hidupnya.

Sebagai induk organisasi yang menaungi para pekerja di wilayah Provinsi Banten, DPD FSP LEM SPSI Provinsi Banten membuat terobosan inovatif guna menyerap aspirasi para pekerja, tanpa harus membebani mereka dengan segala tetek-bengek formalitas keorganisasian. Inovasi dimaksud adalah berupa penyediaan sarana yang memudahkan para pekerja untuk menyampaikan keluh kesahnya. Saung Perjuangan Rumah LEM namanya.

Adalah Dewa Sukma Kelana, SH, M.Kn, sosok inisiator kehadiran Saung Perjuangan itu. Ketua DPD FSP LEM SPSI Provinsi Banten itu mengaku, inisiatifnya membangun Saung Perjuangan Rumah LEM itu dilatarbelakangi oleh keinginannya selaku pucuk pimpinan serikat pekerja sektor logam, elektronik, dan mesin di wilayah Banten untuk mengakomodasi apapun keluhan, curahan hati (curhat), ataupun laporan dinamika organisasi di tingkat unit kerja perusahaan itu dengan cara yang bersahaja.

“Terkadang keluh kesah anggota serikat pekerja seputar ketenagakerjaan di lingkungan kerja masing-masing memang lebih nyaman dicurahkan dalam suasana santai seperti ini, dalam ruang yang juga sederhaan semacam ini,” ungkap Dewa kepada Reaktor.co.id, saat menerima perwakilan PUK SP LEM PT. KHI dan PUK SP LEM PT. Asoka, keduanya dari Kota Cilegon, Banten, di Saung Perjuangan Rumah LEM, kota Serang, pada Rabu (31/07/2019) malam.

Perwakilan dua PUK perusahaan yang masih berada dalam lingkup anak perusahaan PT. Krakatau Steel (KS) tersebut menemui Dewa untuk  meminta arahan dan dukungan terbaik terkait langkah-langkah yang tengah  diperjuangkan oleh dua PUK tersebut guna kesejahteraan anggota masing-masing.

“Kami berkonsultasi di Saung Perjuangan Rumah LEM Banten ini dengan tujuan untuk mendaptkan masukan seputar Perjanjian Kerja Bersama (PKB), pembayaran UMSK, dan lain-lain, serta bagaimana agar kami tetap mengedepankan hubungan industrial yang harmonis antara pekerja dengan perusahaan,” ujar Aan Nikmatullah dari PUK LEM SPSI PT. Asoka dan Firman dari PUK LEM SPSI PT. KHI.

Dalam kesempatan penuh keakraban itu, kedua pengurus PUK itu juga menyampaikan undangan kepada Ketua DPD FSP LEM SPSI Banten menghadiri acara Muscab DPC FSP LEM SPSI Kota Cilegon yang akan digelar pada Sabtu, 3 Agustus 2019 di Wulandira Kota Cilegon.

Mereka juga menyampaikan keprihatinan mendalam atas nasib rekan-rekanya sesama grup PT. KS yang terkena PHK. Keduanya menegaskan selalu siap memberikan dukungan dan solidaritas kepada mereak jika dibutuhkan.

Gayung bersambut. Dewa menekankan, DPD FSP LEM SPSI Provinsi Banten pun menyatakan siap memberikan dukungan berupa Bantuan Advokasi hukumk apabila diperlukan.

“Rumah LEM SPSI Banten terbuka lebar jika  mereka membutuhkan tenaga dan pikiran kami,” tandas Dewa yang sehari-hari juga menjabat Sekretaris DPD KSPSI Banten. (AF)*

Dewa Sukma Kelana reaktor saung perjuangan rumah LEM

Related Post

Leave a reply