Robot Mulai Gantikan Pekerja di Gerai Ritel

40 views

Robot Akan Ambil Alih 20 Juta Lapangan Pekerjaan di Tahun 2030

Reaktor.co.id — Robot mulai menggantikan pekerja di gerai ritel terbesar Amerika Serikat, Walmart. Robot-robot tersebut dianggap mampu meningkatkan penjualan dan efisiensi.

Selama beberapa tahun terakhir, Walmart telah mempekerjakan robot-robot ini pada ratusan gerai ritel mereka. Percobaan dianggap sukses, tahun ini robot tersebut telah berjumlah sekitar 5 ribu dari seluruh store Walmart yang ada.

Dikutip detikInet dari Forbes, tugas robot itu adalah untuk memindai rak-rak barang sesuai kategori dan memasukkan datanya ke server komputer.

Namun, kehadiran robot-robot itu tidak banyak menimbulkan PHK. Robot-robot pekerja di Walmart bisa mengambil alih pekerjaan tertentu dari pekerja manusia. Dengan demikian, karyawan manusia Walmart bisa lebih banyak berinteraksi dengan pelanggan.

Penggunaan robot yang sudah pula dilakukan Amazon merupakan dampak era industri 4.0 yang menimbulkan disrupsi.

Laporan World Economic Forum (WEF) belum lama ini menyebut robot ternyata dapat menggantikan hampir separuh pekerjaan.

Dilansir The Guardian, menurut WEF, ada 133 juta pekerjaan yang tercipta karena perkembangkan teknologi. Namun, 75 juta pekerjaan tersebut tidak akan dilakukan oleh manusia.

Laporan WEF ini menunjukkan bahwa teknologi baru seperti robot, memiliki kemungkinan mengganggu dan menciptakan pekerjaan baru.

Laporan ini mengungkap ada tantangan mendesak bagi pekerja untuk melakukan pelatihan ulang, termasuk membuat perlindungan bagi pekerja yang kemungkinan terancam.

Laporan juga sejalan dengan sejumlah pernyataan petinggi perusahaan yang mengklaim lebih dari setengah pekerjaan di dalam perusahaannya dapat digantikan robot pada 2025. Beberapa pekerjaan yang dimaksud adalah akuntan dan layanan data kepegawaian.

Pekerjaan lain yang bisa digantikan robot adalah customer service (layanan informasi telepon seperti di perbankan, sudah banyak yang menggunakan chatbot) dan buruh pabrik (misal pabrik otomotif; bagian memasang skrup, dan sebagainya).*

 

robot

Related Post

Leave a reply