Ribuan Pekerja Krakatau Steel Gelar Aksi Tolak PHK

78 views

PHK Krakatau Steel

Reaktor.co.id, Cilegon — Ribuan pekerja/buruh PT Krakatau Steel (PT KS) Cilegon, Banten, menggelar aksi unjuk rasa di depan pabrik tempat mereka  bekerja, Selasa (2/6/2019). Aksi dilakukan guna menolak rencana PHK dan restrukturisasi PT KS.

Pekerja PT KS yang menggelar unjuk rasa mayoritas karyawan outsource di perusahaan pelat merah tersebut. Sebagian dari mereka sudah dirumahkan per 1 Juni 2019.

“Nyawa kita tinggal 2 bulan lagi, Agustus nanti adalah pertaruhan nasib kita,” kata salah seorang buruh dalam orasinya.

Menurut rencana, karyawan outsource yang bekerja di PT KS dirumahkan pada 31 Agustus 2019, menyusul 800 karyawan lain yang sudah dirumahkan per 1 Juli 2019.

Para pekerja meminta agar perusahaan pengolahan baja tersebut menjelaskan kondisi yang terjadi. Mereka beberapa kali sudah berupaya menggelar audiensi untuk mengetahui penyebab dan alasan merumahkan para karyawan.

“Direktur Utama mohon datang untuk berbicara bagaimana kondisi KS sebenarnya, apabila Dirut tidak datang maka kita menginap, apabila Dirut KS sampai jam 4 tidak datang, tolong siapkan tenda,” katanya.

Selain di pabrik Krakatau Steel, para buruh juga akan menggelar unjuk rasa di depan kantor Wali Kota Cilegon.

Sebelumnya dikabarkan, sebanyak 1.300 karyawan PT KS terancam PHK dengan dalih restrukturisasi. Namun, pihak Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Provinsi Banten mengaku belum mendapat laporan resmi.

Kepala Disnaker Banten, Hamidi, mengaku sudah mendengar rencana tersebut secara nonformal.

Di sisi lain, Direktur Utama PT Krakatau Steel, Silmy Karim, mengatakan, saat ini PT KS tengah melakukan restrukturisasi guna memperbaiki kinerja perusahaan.

“Proses restrukturisasi sudah dimulai sejak Januari 2019,” ujar Silmy. “Proses tersebut ditargetkan berlangsung selama dua tahun ke depan.” (R1/Detik).*

 

Aksi Demo Krakatau Steel Pekerja PHK

Related Post

Leave a reply