Rakernas FSP LEM SPSI Menuju Inklusivitas Organisasi

81 views

massa fps lem spsi jabar

Oleh Ridwan Sulaeman

Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Bogor, 27-28 November 2019.

Rakernas bertema “Menuju Inklusifitas Organisasi Menyongsong Revolusi Industri 4.0” ini mendorong semua anggota untuk memahami secara nyata langkah-langkah organisasi menuju organisasi yang inklusif dengan spirit Industrial Revolution 4.0, bukan lagi organisasi yang ekslusif yang terkungkung oleh bayangan kedangkalan narasi dan ide-ide.

Tidak terakomodasinya perwakilan buruh dalam kabinet pemerintahan saat ini hendaknya menjadi pematik sumbu semangat perjuangan untuk bahu membahu bersama memperkuat posisioning stakeholders holder buruh dalam percaturan nasional sesuai slogan FSP LEM SPSI “Bangkit Bergerak Satu Komando”.

Slogan itu akan terus bersinar ketika program yang merupakan buah Rakernas nantinya merefleksikan sifat inklusivitas organisasi dan sebaliknya akan tereduksi oleh sifat eksklusivitas.

Harapan perubahan management “COS” dari sistem bottom up menjadi top down adalah salah satu narasi inklusivitas organisasi yang diakselerasikan segera dengan spirit Indutrial Revolution 4.0.

Aselerasi perubahan itu harus dimulai dengan tertib administrasi keanggota. Melakukan hal ini bukan hal yang sulit karena dalam organisasi tersedia resources atau sumber daya yang cukup.

Satu-satunya kendalanya adalah eksklusivitas organisasi. Semoga Rakenas FSP LEM SPSI 1 menjadi sarana untuk mengamputasi ekslusivitas organisasi sekaligus menjadi pemantik inklusivitas organisasi dalam menghadapi era Revolusi Indutri 4.0.

 

FSP LEM SPSI Rekernas

Related Post

Leave a reply