Puluhan Ribu Massa Aliansi Buruh Banten Bersatu ‘Geruduk’ DPR/MPR

260 views

Reaktor.co.id, Jakarta – Ini masih kisah tentang perjuangan pekerja/buruh Indonesia menentang revisi UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan).

Seperti diberitakan reaktor.co.id sebelumnya, pada hari Rabu (21 Agustus 2019) lalu, puluhan ribu pekerja/buruh yang tergabung dalam GEKANAS (Gerakan Kesejahteraan Nasional) __Aliansi Federasi Serikat Pekerja (FSP) KEP KSPSI, FSP LEM KSPSI, FSP RTMM KSPSI, FSP KEP KSPI, PPMI 1998, FSPI, & FPAREF__  berdemonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Aspirasi yang mereka usung hanya satu: Menolak Tegas Revisi UU Ketenagakerjaan.

Pada hari dan tanggal yang sama, puluhan ribu massa yang tergabung di dalam Aliansi Buruh Banten Bersatu juga menggelar aksi dengan aspirasi yang serupa: Menolak Revisi UU Ketenagakerjaan.

Dengan penuh kekompakan, puluhan ribu massa Aliansi Buruh Banten Bersatu berkonvoi dipandu oleh 6 unit mobil komando, diiringi ribuan kendaraan bermotor roda dua, bergerak mulai dari Kota Cilegon, menyusuri jalan raya Kota Serang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang dan sampai di titik perhentian terakhir kawasan kompleks parlemen, DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat. Perjalanan dari Cilegon hingga Jakarta berlangsung dengan sangat aman dan tertib tanpa hambatan berarti. Bahkan lalu lintas dimudahkan oleh pihak kepolisian terkait.

Puluhan ribu massa Aliansi Buruh Banten Bersatu konvoi dari Cilegon menuju Gedung DPR RI Jakarta

Di depan gerbang Gedung DPR/MPRI, para orator menyampaikan orasi di atas mobil komando. Ratusan aparat kepolisian tampak berjaga mengamankan aksi unjuk rasa massa Aliansi Buruh Banten Bersatu, yang memenuhi separuh jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Dewa Sukma Kelana, SH, M.Kn, Ketua DPD FSP LEM SPSI Banten, salah satu pentolan Aliansi Buruh Banten Bersatu menuturkan, dirinya sangat bangga sebagai orang asli Banten menyaksikan kekompakan dan kebersamaan seluruh elemen serikat pekerja/buruh (SP/SB) se-Provinsi Banten, tanpa membeda-bedakan asal serikat besar ataupun kecil, yang bisa bersama-sama seiringan dan sejalan dalam menyuarakan aspirasi: Menolak Revisi UU Ketenagakerjaan.

“Saya pribadi berharap, kebersamaan dan kekompakan ini dapat terus terpelihara, terjaga, dan terjalin sehingga pekerja/buruh di Banten menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam melawan segala bentuk kedzoliman yang menyengsarakan pekerja/buruh,” ungkap Dewa Sukma Kelana, yang sehari-hari menjabat Sekretaris DPD KSPSI Banten ini.

Dedi Sudrajat, SH, MH, MM, Ketua DPD KSPSI Banten, Dewa Sukma Kelana, SH, M.Kn, Sekretaris DPD KSPSI Banten dan Ketua DPD FSP LEM SPSI Banten, bersama pimpinan serikat-serikat pekerja se-Banten di depan gerbang gedung DPR RI

Usai berunjuk rasa di depan gedung DPR RI, sedianya massa aksi akan terus bergerak menuju Istana Merdeka, bersatu dengan massa aksi GEKANAS. Namun, mengingat waktu yang sudah menjelang sore, menerima informasi bahwa perwakilan massa aksi GEKANAS juga telah bertemu dengan pihak Istana,  dan  setelah puas mendapatkan konfirmasi dan jaminan dari Anggota Fraksi Nasdem DPR RI bahwa tidak ada draft revisi UU Ketenagakerjaan yang masuk ke DPR RI, akhirnya  massa Aliansi Buruh Banten Bersatu membubarkan diri beriringan bersama-sama kembali menuju Banten.

Berlangsung aman dan terkendalinya pergerakan puluhan ribu massa Aliansi Buruh Banten Bersatu ke Jakarta rupanya mendapat apresiasi tinggi dari pihak kepolisian mulai dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, dan terlebih lagi dari Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Harry Kurniawan beserta jajarannya.

Dedi Sudrajat, SH, MH, MM, Ketua DPD KSPSI Banten, Dewa Sukma Kelana, SH, M.Kn, Sekretaris DPD KSPSI Banten dan Ketua DPD FSP LEM SPSI Banten, bersama pimpinan serikat-serikat pekerja se-Banten berfoto dengan Kapolres Jakarta Pusat, Kombespol Harry Kurniawan

“Semoga aksi-aksi buruh kondusif seperti ini ke depan dapat dipertahankan. Yang terpenting target perjuangan tercapai,” cetus Kombes Harry Kurniawan, sosok yang memang sudah sangat familiar dan akrab dengan gerakan pekerja/buruh di Banten, karena sebelumnya lama menjabat sebagai Kapolres Metro Tangerang Kota. (AF)*

 

aksi buruh aksi pekerja Aliansi Buruh Banten Bersatu reaktor Revisi UU Ketenagakerjaan Serikat pekerja

Related Post

  1. author

    […] BACA JUGA: Puluhan Ribu Massa Aliansi Buruh Banten Bersatu ‘Geruduk’ DPR/MPR […]

Leave a reply