Puan Maharani Ketua DPR 2019-2024, Pengamat dan Warganet Bereaksi

71 views

Puan Maharani Ketua DPR

Reaktor.co.id, Jakarta — Puan Maharani dipastikan menjadi Ketua DPR RI 2019-2024. Pelantikan pimpinan DPR periode 2019-2024 digelar Selasa (1/10/2019) malam.

Puan didampingi empat wakil ketua, yakni Azis Syamsuddin (Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Rachmat Gobel (Nasdem), dan Muhaimin Iskandar (PKB). Pimpinan DPR periode 2019-2024 itu sebelumnya ditetapkan Badan Musyawarah (Bamus) DPR.

Puan diajukan PDIP untuk menjadi Ketua DPR RI. Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, posisi Ketua DPR diberikan kepada partai pemenang pemilu.

Kali ini, menjadi jatah PDIP. Puan menjadi perempuan pertama di Indonesia yang menjadi Ketua DPR.

Puan mengatakan, di bawah kepemimpinannya, DPR tidak akan banyak menghasilkan undang-undang.

“Saya ingin kerja yang produktif, tapi tidak banyak undang-undang. Terpenting produknya matang. Tidak perlu banyak,” ujarnya dikutip tempo.co.

Belajar dari banyaknya protes atas kerja DPR dalam membuat produk legislasi, Puan memastikan UU yang dihasilkan merupakan hasil sinergi pemerintah dan DPR serta mengakomodasi aspirasi masyarakat.

Anak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bernama lengkap Puan Maharani Nakshatra Kusyala ini menyatakan mundur sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja.

Puan pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI 2012 – 2014

Pengamat: DPR Akan Jinak

Pengamat menilai, DPR periode 2019-2024 akan jinak. Selain dipimpin Puan yang sama-sama politikus PDIP dengan Presiden Jokowi, dua tokoh yang cukup sering mengkritik pemerintah, Fadli Zon dan Fahri Hamzah, juga hengkang dari kepemimpinan DPR.

Fahri tak maju dalam Pemilihan Legislatif 2019. Sementara itu, Ketua Umum Prabowo Subianto tak lagi menunjuk Fadli Zon sebagai pimpinan DPR.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menilai DPR akan menjadi “kurang garang”. “Pimpinan DPR yang baru cenderung jinak,” kata Adi.

Komentar Warganet

Di media sosial Twitter, warganet juga berkomentar tentang Puan Maharani menjadi Ketua DPR RI 2019-2024. Berikut di antara komentar warganet di Twitter tentang Puan Maharani yang trending topic di Twitter, Selasa (1/10/2019).

@diajengsafitri:  Presiden dan Ketua DPR dikuasai PDIP. PDIP semakin berjaya. Rakyat makin???

@l_farik: Indonesia hancur karena yg duduk jadi Wakil Rakyat bukan karena IQ dan Prestasi. Sampai kapan Negara ini terus mengalami kemunduran moral.

@libertyartur: Prestasi dia jadi menko apa ya? Tiba2 jadi ketua dpr.

@alfisdh: Enak nih jadi Puan Maharani tapi aku tetep pengen jadi Rafathar

@wnugroho007: Seminggu ini kita jadi sadar pentingnya memilih wakil rakyat yang kompeten dan benar-benar mewakili rakyat, dan lima tahun ke depan wakil rakyat dipimpin Bu Menko Puan Maharani.
What’s next?

 

DPR RI Ketua DPR Politik Puan Maharani

Related Post

Leave a reply