Prabowo Tak Akan Ambil Gaji Menteri Pertahanan, Ini Jumlahnya

81 views

Prabowo Menteri Pertahanan

Reaktor.co.id, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto tak akan mengambil gajinya sebagai menteri.

Selain itu, Prabowo juga memilih tidak memakai fasilitas negara, yakni mobil dinas, dalam kegiatan sehari-harinya sebagai Menhan.

Kabar itu disampaikan juru bicara pribadi Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak,  melalui akun Twitternya, Rabu (30/10/2019).

“Saya ingin mengkonfirmasikan kepada sobat semua khususnya sobat pewarta terkait dengan informasi yang menyatakan Pak Prabowo tidak akan mengambil gajinya sebagai Menteri di Kemhan RI adalah benar,” cuit Dahnil.

Dijelaskan, alasan Prabowo tak mengambil gaji sebagai Menhan adalah semata-mata karena komitmen Prabowo mengabdi kepada negara.

“Sejak awal beliau masuk politik, berkomitmen untuk mengabdi bagi kepentingan bangsa dan negara,” sebut Dahnil.

Jumlah Gaji dan Tunjangan Menteri

Besaran gaji menteri diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2000. Disebutkan, gaji pokok menteri sebesar Rp 5.040.000 sebulan.

Menteri juga berhak atas tunjangan jabatan. Besaran tunjangan diatur dalam Keputusan Presiden RI Nomor 68 tahun 2001. Menteri diberikan tunjangan sebesar Rp 13.608.000 per bulan.

Jika gaji didapatkan Rp 5.040.000 ditambah tunjangan Rp 13.608.000, maka para menteri, termasuk Menhan Prabowo, mendapatkan gaji dan tunjangan sebesar Rp 18.648.000 setiap bulan.

Di luar gaji dan tunjangan, para menteri mendapatkan dana operasional dan fasilitas lainnya. Dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 268/PMK.05/2014 disebutkan,  setiap bulan, para menteri berhak mendapatkan dana operasional setiap bulan yang dialokasikan dari anggaran kementerian.

Pemerintah memiliki dua kompleks rumah dinas khusus menteri, di Jalan Denpasar dan Jalan Widya Chandra, Jakarta. Kompleks tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas mewah dengan pengamanan ekstra.

Menteri yang tengah bertugas dipersilakan menempatinya bersama keluarga selama menjabat di pemerintahan. Namun, mereka juga diperbolehkan untuk memilih tinggal di rumah pribadi. Selain rumah, menteri juga mendapatkan fasilitas kendaraan dinas. (Antara/Suara).*

 

Gaji Menteri Menteri Pertahanan Prabowo

Related Post

Leave a reply