Polisi: Kelompok Anarko Provokator Aksi Demo Mahasiswa

135 views

Kelompok Anarko pula yang melakukan aksi vandalisme dengan tulisan berkonotasi kasar, seperti “DPR Tolol”, “Reformasi Tai”, “DPR Tai”, “DPR Bobrok”, hingga penggambaran alat vital manusia.

Anarko Provokator Demo Mahasiswa

Anarko Provokator Demo Mahasiswa (Ist)

Reaktor.co.id — Kelompok anarko menjadi dalang kerusuhan aksi demonstrasi mahasiswa di Bandung, Jawa Barat. Kelompok itu memprovokasi pedemo agar bentrok dengan polisi.

Menurut polisi, kelompok anarko pula yang melakukan aksi vandalisme di tengah aksi demo mahasiswa di Bandung dan Jakarta.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan, Kota Bandung memang rawan dengan aksi anarkistis dari kelompok Anarko. Hal yang sama terjadi di Jakarta.

Dedi menyebut vandalisme pada dinding Gedung DPR ulah kelompok Anarko.

“Anarko sudah main. Kelompok keras itu pasti akan memanfaatkan situasi ini,” ucapnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2019).

Dilansir Inilah Koran, simbol anarko, huruf A dalam lingkaran, ditemukan di sekitar lokasi unjuk rasa di Gedung DPRD Jabar, Jalan Dipenogoro Kota Bandung, Selasa (24/9).

Simbol anarko tersebut dibuat oleh seorang pria bagian dari massa aksi. Pria tersebut membawa cat semprot hitam dan mencoreti dinding seng di pinggir Gedung DPRD Jabar. Ia menulis “Rakyat Berstatu Tak Bisa Dikalahkan”. Di samping tuli‎san itu, ia membentuk huruf A dalam lingkaran.

Gedung DPR RI di Jakarta juga penuh coretan tulisan protes terhadap DPR. Coretan tulisan bernada makian tersebut terlihat tembok bagian depan pintu utama.

Berbagai tulisan yang dicoret di tembok parlemen Senayan itu tidak mencerminkan intelektualitas mahasiswa yang berunjuk rasa.

Di antaranya tulisan berkonotasi kasar, seperti “DPR Tolol”, “Reformasi Tai”, “DPR Tai”, “DPR Bobrok” hingga penggambaran alat vital manusia.

Kelompok Anarko Sindikalisme menjadi buah bibir saat mengacaukan aksi demonstrai buruh pada peringatan Hari Buruh  1 Mei 2019. Mereka menyusup pada demo di sejumlah wilayah. Kelompok ini memprovokasi massa hingga melancarkan vandalisme. Huruf A dalam lingkaran mengidentikan diri dengan kelompok anarko.

Laman Wikipedia menyebutkan, Anarko-adalah sebuah kata awalan yang mengacu kepada “anarki” atau “anarkisme”.

Anarkisme sendiri yaitu suatu paham, ideologi, ataupun filosofi yang mempercayai bahwa segala bentuk negara, pemerintahan, dengan kekuasaannya adalah lembaga-lembaga yang menumbuhsuburkan penindasan terhadap kehidupan. Oleh karena itu, menurut mereka, negara, pemerintahan beserta perangkatnya harus dihilangkan atau dihancurkan.*

 

Aksi Demonstrasi Anarko Demo Mahasiswa

Related Post

  1. author

    […] Demo mahasiswa yang terjadi sejak Senin hingga Selasa kemarin, berakhir ricuh. Ada yang menyebutkan, massa pada Selasa 24 September 2019 merupakan gabungan antara mahasiswa dan pelajar. Ada juga provokator dan penyusup yang oleh polisi disebut dari kelompok anarko. […]

Leave a reply