PNS Bisa Bekerja di Rumah, Tak Perlu ‘Ngantor’

60 views
PNS

Ilustrasi PNS (Radar Bogor).

Reaktor.co.id — Pegawai negeri sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di masa depan bisa bekerja di rumah, tak perlu ke kantor, agar bisa meniru gaya perusahaan rintisan atau startup sekaligus adaptasi dengan era industri 4.0.

Wacana PNS bekerja di rumah ini dikemukakan Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja, dalam Forum Merdeka Barat di Auditorium KemenPAN-RB, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendesain sistem kerja PNS di kementerian dan lembaga sehingga ke depan PNS akan memiliki fleksibilitas kerja.

“Nanti akan bisa kerja dari rumah, tinggal ngatur aturannya kayak bagaimana,” katanya dikutip detik.com.

PNS yang bisa bekerja di rumah adalah yang menguasai teknologi informasi (IT). Oleh karenanya, sejak 2014, rekrutmen CPNS dilakukan dengan sistem IT agar CPNS yang direkrut memahami IT. Diharapkan, hal tersebut diterapkan dalam pekerjaan.

“Sejak 2014-2018, jumlah rekrutmen CPNS mencapai 317.979 orang. Sejak pendaftaran mereka harus menggunakan sistem computerize. Diharapkan di 2024, PNS kita memiliki basis IT yang cukup kuat karena jumlahnya akan 50 persen dari total PNS, dengan asumsi per tahun rekrutmen 200 ribu formasi,” papar Setiawan.

Ketika memiliki pemahaman mengenai pemanfaatan IT, pihaknya pun yakin akan terjadi percepatan, efisiensi, dan akurasi pelayanan, serta berdampak sosial. Oleh karenanya untuk posisi tertentu akan diberikan fleksibilitas kerja.

“Kami yakin mereka (PNS yang menguasai IT) adalah tulang punggung kita ke depan. Fleksibilitas kerja ini masuk dalam indikator birokrasi,” tegasnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pekerjaan Tanpa Kantor

Diansir Kompas, rencana penerapan sistem kerja PNS yang fleksibel itu disambut hangat kalangan PNS. Mereka menilai PNS bisa kerja dari rumah merupakan ide yang bagus dan sangat baik selama ada infrastruktur yang mendukung dan PNS-nya “melek teknologi”.

Tanpa dukungan teknologi yang memadai di rumah dan pengetahuan PNS yang cukup, rencana pemerintah itu akan sulit untuk direalisasikan.  Sistem kerja di rumah bisa diterapkan untuk PNS yang bekerja di bidang administratif dan perizinan.

Fleksibilitas kerja PNS dinilai menjadi hal penting menyusul akan terjadinya perubahan besar profil PNS pada 2024. Saat itu, diperkirakan separuh PNS di Indonesia merupakan generasi yang sangat melek teknologi. Layanan masyarakat pun nantinya bisa terbantu dengan kehadiran teknologi.

Misalnya, tanda tangan dokumen untuk keperluan birokrasi, tidak perlu seorang pejabat menandatangai satu per satu dokumen, namun bisa dilakukan dengan tanda tangan digital, sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

PNS yang bisa bekerja di rumah adalah mereka yang memiliki tugas atau pekerjaan yang sifatnya layanan dasar. Pekerjaan seperti layanan kesehatan tetap membutuhkan kehadiran fisik karena tidak bisa tergantikan dengan flexible working.

Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah adalah kegiatan kehumasan. Aktivivas public relations (PR) tak melulu harus dilakukan di dalam kantor. Materi-materi berita, media sosial, siaran pers, semua bisa dibuat di rumah dan di perangkat mobile.*

 

ASN Bekerja di Rumah PNS

Related Post

Leave a reply