PM Inggris Kritik Ketimpangan Gaji Pemain dan Pegawai di Industri Sepak Bola

90 views

Jadwal Lengkap Liga Inggris 2019-2020 |

Reaktor.co.id, Inggris — Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, diketahui tidak terlalu menyukai dengan sepak bola. Namun, politikus Partai Konservatif dan wartawan yang terpilih menjadi Perdana Menteri sejak 24 Juli 2019 ini peduli dengan pemerataan hak bagi para pekerja di klub sepak bola.

Dilansir The Guardian, Johnson pernah melontarkan kritik kepada lima klub Liga Primer asal London, yaitu Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspur, Fulham, dan West Ham United.

Kritikan yang pernah dilontarkannya pada 2008 mengacu upah rendah yang diberikan pihak klub kepada para pegawai mereka.

Dari survei Fair Pay Network, gaji per jam yang diterima petugas kebersihan hingga staf katering di lima tim asal London tersebut hanya berada sedikit di atas ambang upah minimum £5,52 atau sekitar Rp96,384 ribu.

Upah layak untuk seorang pegawai berada di angka £7,45 atau Rp130,092 ribu per jam di London dan £6,80 (Rp118,741 ribu) di luar London.

“Kekhawatiran muncul dari saya mengenai rendahnya bayaran pekerja di London untuk lima klub Liga Primer Inggris,” ujar Johnson.

Mantan Menteri Luar Negeri Inggris itu menyatakan, lima klub tersebut sebenarnya bakal dapat keuntungan jika memberikan upah yang lebih baik untuk karyawan mereka.

“Staf yang dapat bayaran pantas akan cenderung produktif, loyal, dan berkomitmen. Jadi contoh yang bagus jika Anda setuju membayar pekerja dengan upah rendah sesuai dengan upah yang berlaku di London. Saya mendorong Anda untuk melakukannya,” jelasnya.

Direktur Fair Pay Network, Mark Donne, pun mengkritik perbedaan gaji yang diterima pemain hingga eksekutif klub dibandingkan dengan para pegawai yang tidak berada di level atas.

“Sepak bola jadi salah satu industri yang paling tidak setara [soal hak pegawai]. Olahraga yang sangat kaya dengan orang-orang yang melayaninya hidup dalam kemiskinan,” tuturnya.

Johnson terpilih sebagai PM Inggris menggantikan Theresa May yang mundur dari jabatannya pada 7 Juni 2019. Johnson mendapatkan 92.153 suara dan mengalahkan pesaingnya Jeremy Hunt dengan 46.656 suara.

Dilansir Global Sport Salaries Survey, gaji pemain di Liga Inggris rata-rata 50.000 poundsterling atau sekitar Rp 871,4 juta per pekan!

Sebagai contoh, gaji penyerang Liverpool, Mohamed Salah, akan menjadi yang tertinggi di Liga Inggris. dilansir The Sun, Liverpool bersiap untuk membuat sang bintang sebagai pemain top bergaji tertinggi di Premier League dengan gaji £22.400.000 per tahun.

The Sun meneruskan banyaknya laporan di Spanyol yang menunjukkan sang striker Mesir mulai dilirik Real Madrid awal musim panas ini. Ia kini semakin dekat dengan kontrak baru £430.000 (sekitar Rp7,4 miliar) per pekan.

Empat tim Liga Inggris dengan gaji pemain tertinggi adalah Manchester United (5,2 juta pounds per tahun), Manchester City (5,2 juta pounds per tahun), Chelsea (4,4 juta pounds per tahun), dan Arsenal (4,0 juta pounds per tahun).*

 

Gaji Pegawai Gaji Pemain Sepakbola

Related Post

Leave a reply