Pesan WhatsApp Potensial Bocor ke Publik, Pengguna Disarankan Uninstall

102 views

Grup WA

Reaktor.co.id — Pendiri Telegram, Pavel Durov, menyarankan agar para pengguna melepas (uninstall) aplikasi pesan instan WhatsApp (WA). Alasannya, WA telah gagal melindungi pengguna.

Selain kerap dijebol oleh aplikasi jahat (malware) untuk memata-matai isi ponsel pengguna, foto dan pesan yang dikirim via WA juga potensial terpapar ke publik.

Saan tersebut dikemukakan Durov lewat akun Telegram miliknya, Rabu (20/11/2019).

“Anda harus menghapus WhatsApp dari ponsel […] kecuali jika Anda tak keberatan ketika foto dan pesan yang Anda kirim terpapar ke publik suatu hari nanti,” tulis Durov.

“WhatsApp tidak hanya gagal melindungi pesan yang tertulis di WhatsApp Anda, tapi ia juga kerap disusupi trojan untuk memata-matai foto dan pesan non-WhatsApp,” lanjutnya seperti dikutip Times of India.

Belum lama ini para pengguna WhatsApp juga dihantui teror malware Pegasus buatan Israel. Malware ini diklaim sangat canggih karena bisa mengintai semua kegiatan yang terjadi pada ponsel pengguna, termasuk membaca pesan serta menyadap panggilan telepon dan video call.

Dikutip Forbes, saat ini WhatsApp memiliki 1,6 miliar pengguna aktif bulanan. Pekan ini, Facebook membuat pernyataan bahwa WhatsApp memang bisa diretas menggunakan file video MP4.

Jika korban membuka file itu, maka peretas bisa mengakses pesan yang ada di ponsel korban. Facebook menyebut akan memperbaiki masalah tersebut, namun juga memperingatkan bahaya ini masih mengintai pengguna dengan versi yang lebih lawas. (CNNI)

 

media sosial WA whatsapp

Related Post

Leave a reply