Pengguna Tenaga Kerja Asing Wajib Bayar US$100 Per Bulan

97 views
TKA

Ilustrasi Tenaga Kerja Asing di Indonesia

Reaktor.co.id, Jakarta — Pemerintah menetapkan memberlakukan pungutan kepada para perusahaan pengguna Tenaga Kerja Asing (TKA) sebesar 100 dolar Amerika Serikat per bulan.

Selama ini ada sekitar 4.000 perusahaan yang mempekerjakan puluhan ribu TKA dan membayar dana kompensasi secara rutin.

Pungutan yang berlaku sejak 22 Oktober 2019 tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Penatausahaan Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Bersumber dari Dana Kompensasi Penggunaan Tenaga Kerja Asing.

Dalam beleid yang diteken Menteri Ketenagakerjaan pada Oktober 2029, pungutan dilakukan dalam bentuk Dana Kompensasi Penggunaan Tenaga Kerja Asing (DKPTKA).

Besaran dana yang dipungut mencapai US$100 atau setara Rp1,4 juta (mengacu kurs Rp14 ribu per dolar AS) per jabatan per bulan untuk setiap TKA.

Kompensasi untuk tenaga kerja asing di Indoesia sebesar US$100 juga tercantum dalam PP nomor 98 Tahun 2000.

Pungutan tersebut harus dibayar ke negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak di muka. Mengutip aturan tersebut, pemberi kerja yang mempekerjakan TKA kurang dari satu bulan, tetap wajib membayar dana kompensasi satu bulan penuh.

Pembayaran dana kompensasi ditutup setiap 31 Desember dan dibuka kembali pada 2 Januari tahun berikutnya.

Menteri Ketenagakerjaan akan melaporkan penerimaan dana kompensasi setiap tiga bulan sekali kepada Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan.

Sebelumnya, Peraturan Menteri Ketenagakerjaan menambah jumlah bidang pekerjaan yang bisa diduduki oleh tenaga kerja asing (TKA).

Penambahan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor 228 Tahun 2019 tentang Jabatan Tertentu yang Dapat Diduduki oleh TKA.

Dalam beleid tersebut, terdapat 181 pos pekerjaan yang bisa diduduki oleh tenaga kerja asing. Jumlah tersebut lebih banyak jika dibandingkan dengan yang diatur dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 247 Tahun 2011.

Pasalnya, jumlah posisi yang dibuka untuk tenaga kerja asing dalam peraturan tersebut hanya 66 jabatan. (CNN Indonesia)

 

TKA

Related Post

Leave a reply