Permenaker Nomor 5 Tahun 2018 Standar K3 yang Baru

337 views

Standar K3 baru :  Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) No. 5 Tahun 2018 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) bertujuan meningkatkan perlindungan bagi pekerja, produktivitas, dan menciptakan kondisi kerja yang baik bagi dunia usaha.

Pengusaha dan/atau Pengurus yang tidak memenuhi ketentuan dalam Peraturan Menteri ini dikenakan sanksi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Permen Ketenagakerjaan Nomor 5 tahun 2018 merupakan standar K3 yang baru. Permen ini sekaligus mencabut peraturan sebelumnya, yaitu Permen Perburuhan No 7 tahun 1964 tentang Syarat Kesehatan, Kebersihan serta penerangan di tempat Kerja.

Standar K3 juga mengatur kualitas udara dalam ruangan (indoor air quality) untuk mewujudkan tempat kerja yang aman, sehat, dan nyaman sehingga tercipta produktivitas kerja yang terus meningkat. (Reaktor.co.id).*

Permenaker No. 5 Tahun 2018

Related Post

  1. author

    […] perusahaan dan masyarakat kurang memahami serta belum menerapkan norma-norma sistem manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja […]

Leave a reply