Peringati Hari Perhubungan Nasional, Kemenhub Gelar Pameran Transportasi

169 views
Hari Perhubungan Nasonal - Harhubnas

Hari Perhubungan Nasional – Harhubnas (dephub.go.id)

Reaktor.co.id, Jakarta — Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 17 September 2019, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menggelar pameran transportasi di Jakarta Convention Center (JCC) pada 13 – 15 September 2019.

Pameran bertajuk Indotrans Expo 2019 tersebut diisi beberapa kegiatan, seperti pameran transportasi yang diikuti oleh instansi dan perusahaan di sektor transportasi.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, Hengki Angkasawan, yang menarik dalam pameran tersebut yaitu ada penawaran-penawaran menarik dari masing-masing booth peserta pameran Indotrans 2019, seperti yang dilakukan PT KAI yang memberikan diskon pembelian tiket KA hingga 20%.

Dilansir laman resmi Kemenhub, Hari Perhubungan Nasional tahun ini mengambil tema “Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata Insan Perhubungan, Untuk Indonesia Unggul, Indonesia Maju”.

“Hari Perhubungan Nasional ini merupakan hari bakti nyata para insan transportasi yang telah bekerja keras mewujudkan konektivitas transportasi di seluruh wilayah Indonesia dan memberikan pelayanan jasa transportasi yang selamat, aman dan nyaman,” jelas Hengki.

Selain pameran, Kemenhub juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan, seperti Perhubungan Mengajar, Bersih-Bersih Laut dan Pantai, Sosialisasi Transportasi Ramah Disabilitas, Lomba Vlogger dan Fotografi dengan tema transportasi, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Selain itu, Kemenhub juga mengadakan kunjungan ke panti asuhan, ziarah ke Taman Makan Pahlawan, dan berbagai perlombaan lainnya yang diikuti ASN Kemenhub bersama pegawai BUMN dan swasta di sektor transportasi.

“Kami mengajak masyarakat untuk turut memeriahkan Harhubnas dengan datang ke Indotrans Expo 2019. Masyarakat dapat mendapatkan banyak informasi tentang banyak hal yang sudah dikerjakan para insan perhubungan dan tentunya diskon-diskon menarik yang diberikan peserta pameran,” pungkas Hengki. (RL).

Sejarah Hari Perhubungan Nasional

Hari Perhubungan Nasional diperingati setiap tanggal 17 September khususnya oleh insan perhubungan di seluruh Indonesia.

Pada awalnya, setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor perhubungan memiliki hari jadi masing-masing yang waktunya relatif berdekatan.

Sejak 1971, melalui Keputusan Menteri Perhubungan nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 tentang Hari Perhubungan Nasional, hari jadi atau hari bakti tiap BUMN sektor perhubungan disatukan menjadi Harhubnas yang diperingati setiap tanggal 17 September.

Peringatan Harhubnas sesuai SK. 274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 memilki 3 tujuan utama, yaitu:

  1. Meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa warga perhubungan serta dengan mitra kerja jasa perhubungan pada umumnya.
  2. Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu ikut membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik.
  3. Meningkatkan penghayatan dan pengamalan 5 citra manusia perhubungan.

 

Harhubnas Hari Perhubungan Nasional transportasi

Related Post

Leave a reply