Pengertian SEO dan Lowongan Kerja Spesialis SEO

16 views

SEO bagian dari skill digital dan melahirkan profesi baru yaitu spesialis SEO website. Berikut ini pengertian SEO dan lowongan kerja SEO Specialist dan cara kerjanya.

Pengertian SEO

Reaktor.co.id — SEO merupakan salah satu skill digital yang dibutuhkan saat ini. SEO muncul seiring perkembangan teknologi internet dan website.

Setiap pemilik dan pengelola website atau blog harus memahami SEO dan menerapkan teknik SEO di websitenya.

Penerapan SEO harus dilakukan agar sebuah situs web mudah diindeks dan diperingkat mesin pencari –khususnya Google– agar website banyak pengunjung. Pasalnya, mayoritas pengguna internet menemukan dan membuka sebuah halaman web melalui mesin pencari, khususnya Google.

Pentingnya SEO bagi website bahkan melahirkan jenis pekerjaan baru di era digital ini, yaitu Spesialis SEO (SEO Specialist). Spesialis SEO dibutuhkan perusahaan atau lembaga yang ingin mengoptimalkan websitenya untuk marketing atau sosialisasi.

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau Pengoptimalan Mesin Pencari. SEO merupakan proses yang digunakan untuk mengoptimalkan konfigurasi teknis situs web, relevansi konten website, dan popularitas tautan (link) sehingga halamannya dapat dengan mudah ditemukan, lebih relevan, dan populer terhadap permintaan pencarian pengguna.

Keberhasilan sebuah SEO website adalah mesin pencari memberi peringkat teratas atau minimal di halaman satu hasil pencarian (SERP). Mesin pencari (search engine) atau mesin telusur adalah halaman web tempat mencari informasi, seperti Google, Bing, dan Yahoo!

SERP (Search Engine Results Pages) adalah halaman yang ditampilkan mesin pencari untuk menunjukkan hasil pencarian yang dilakukan pengguna. Ketika pengguna membuka Google dan mencari informasi dengan menuliskan kata kunci, maka SERP akan muncul berisi informasi yang dicari.

Contoh SERP Google denga kata kunci “media pekerja indonesia”.

SERP Google

Praktik SEO Terbaik

Mesin pencari merekomendasikan upaya SEO yang menguntungkan pengalaman pencarian pengguna dan peringkat halaman. Upaya SEO yang dimaksud adalah dengan menampilkan konten yang memenuhi kebutuhan pencarian pengguna.

Praktik SEO terbaik ini termasuk penggunaan kata kunci yang relevan dalam judul, deskripsi meta, dan judul (H1), menampilkan URL deskriptif dengan kata kunci daripada rangkaian angka, dan markup skema untuk menentukan makna konten halaman.

Mesin pencari membantu orang menemukan apa yang mereka cari secara online. Baik meneliti produk, mencari restoran, atau memesan liburan, mesin pencari adalah titik awal yang umum ketika Anda membutuhkan informasi.

Untuk pemilik bisnis, mereka menawarkan peluang berharga untuk mengarahkan lalu lintas yang relevan ke situs web Anda.

Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah praktik mengarahkan situs web Anda ke peringkat lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari (SERP) sehingga Anda menerima lebih banyak lalu lintas.

Tujuannya biasanya untuk menentukan peringkat di halaman pertama hasil Google untuk istilah pencarian yang paling berarti bagi audiens target Anda.

Jadi, SEO adalah tentang memahami keinginan dan kebutuhan audiens Anda seperti halnya tentang sifat teknis tentang cara mengonfigurasi situs web Anda.

Peran SEO bagi Website

Tujuan SEO adalah untuk meningkatkan peringkat website Anda dalam hasil pencarian organik. Ada berbagai praktik untuk mengoptimalkan hasil AdWords, belanja, dan lokal.

SEO masih bisa menjadi upaya yang sangat kuat dan menguntungkan. Mengingat bahwa Google memproses miliaran kueri penelusuran setiap hari, hasil penelusuran organik adalah bagian yang sangat besar dari kue yang sangat besar.

Dan meskipun ada beberapa investasi untuk mengamankan dan mempertahankan peringkat organik web, setiap klik yang mengirimkan lalu lintas (trafik) ke situs web Anda sepenuhnya gratis.

Mengapa SEO Fokus pada Google?

Bagi banyak orang, istilah “mesin pencari” identik dengan Google, yang menguasai sekitar 92% pengguna mesin pencari secara global.

Karena Google adalah mesin pencari yang dominan, SEO biasanya berkisar pada apa yang paling cocok untuk Google. Sangat berguna untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang cara kerja Google dan alasannya.

Google dirancang untuk memberikan pengalaman pencarian terbaik kepada penggunanya, atau para pencarinya. Itu berarti memberikan hasil yang paling relevan, secepat mungkin.

Dua elemen inti dari pengalaman penelusuran adalah istilah penelusuran (input pengguna) dan hasil penelusuran (output).

Katakanlah Anda mencari “media pekerja indonesia”. Ini adalah pencarian yang jelas dan tidak ambigu. Google memahami apa yang Anda minta dan memberikan halaman yang berguna sebagai hasil organik teratas —halaman web reaktor.co.id sebagaimana gambar di atas.

Dari sudut pandang Google, ini adalah hasil pencarian yang sangat bagus dan pengalaman pengguna yang positif, karena kemungkinan pengguna akan mengklik hasil teratas dan senang dengan hasilnya.

mesin pencari google

Cara Kerja Mesin Pencari

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website berdasarkan dari peringkat. Jadi, kita perlu memahami bagaimana mempraktekkan SEO dengan menyesuaikan website kita, agar bisa bersahabat dengan algoritma tersebut.

Maka dari itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari. Google Search sendiri menjelaskan bagaimana cara kerja mesin pencari, termasuk perambahan, pengindeksan, dan pemeringkatan.

Disebutkan, Google Penelusuran bekerja dalam tiga tahap dan tidak semua halaman berhasil melewati setiap tahap:

  1. Crawling: Google mendownload teks, gambar, dan video dari halaman yang ditemukan di internet dengan program otomatis yang disebut crawler.
  2. Pengindeksan: Google menganalisis file video, gambar, dan teks di halaman, serta menyimpan informasi tersebut di indeks Google, yang merupakan database berukuran besar.
  3. Penayangan hasil penelusuran: Saat pengguna melakukan penelusuran di Google, Google akan menampilkan informasi yang relevan dengan kueri pengguna.

Mesin pencari seperti Google dan Yahoo sering melakukan pembaruan terhadap algoritma yang berkaitan dengan teknik relevansi di dalam menampilkan hasil pencarian.

Update algoritma dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang akurat dan relevan, sesuai dengan kata kunci yang dicari atau diinput.

Meskipun dasarnya sistem pencari pada mesin pencarian itu sama, akan tetapi yang membedakannya adalah algoritma relevansi yang digunakan. Hasil pencarian di Google, Yahoo, dan lainnya pun sedikit berbeda.

Cara Kerja Mesin Pencari Google

SEO Specialist

SEO merupakan sebuah keterampilan atau keahlian baru di era internet. Pemilik web, termasuk redaksi sebuah situs berita, pun memerlukan SEO dan bahkan mempekerjakan seorang spesialis yang khusus menangani SEO website.

Profesi SEO Specialist bertugas memastikan halaman situs web yang dikelola mendapatkan peringkat tertinggi dalam search engine.

Spesialis SEO memiliki skill khusus dalam internet marketing dan memastikan sebuah website teroptimalkan sehingga meraih peringkat satu dalam mesin pencarian Google.

Dengan menggunakan jasa SEO Specialist, maka traffic website akan meningkat yang imbasnya meningkatkan penjualan produk dari website tersebut.

SEO Specialist sebagai profesi yang erat kaitannya dengan dunia digital, karenanya dibutuhkan pengetahuan bidang komputer dan elektronik, khususnya di bidang analisis sistem dan pemrograman.

Pengertian SEO Specialist

SEO specialist bertanggung jawab dalam memastikan website yang ia kembangkan sudah dioptimalkan secara teknis sehingga mampu menarik dan melibatkan pengguna internet dengan sebanyak-banyaknya.

Ia juga mengatur strategi konten yang akan diposting. Konten tersebut akan diisi oleh keyword atau phrase tertentu, juga linkbuilding, sehingga dapat meningkatkan traffic website.

SEO Specialist bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua konten web sudah teroptimalkan dengan sempurna.

Seorang SEO Specialist membutuhkan tools yang akan membantunya dalam proses optimasi sebuah website. Tools pertama adalah Google Analytics dan Google Adwords.

Ia harus pula memiliki pengetahuan tentang faktor peringkat dan algoritma search engine Google. Tugas lainnya adalah membuat laporan yang menunjukkan data analisis dan evaluasi situs web.

Seorang SEO specialist harus memiliki ketertarikan dalam bidang digital marketing serta berkomitmen tinggi dalam mengikuti perkembangan teknologi yang selalu maju dan up to date.

Analisis terhadap algoritma Google harus dikuasai jika ingin mencoba pekerjaan ini. Hal ini karena seorang SEO Specialist diharapkan dapat memprediksi perubahan jenis apa yang akan muncul dalam algoritma Google.

lowongan spesialis seo

Lowongan Kerja SEO Specialist

Peluang kerja sebagai SEO Specialist akan selalu terbuka seiring perkembangan digital marketing dan pertumbuan website. Setiap lembaga, perusahaan, atau bisnis kini memiliki website yang harus dioptimalkan.

Sejak adanya mesin pencari seperti Google, hampir semua orang mencari informasi secara online melalui search engine.

Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%. Peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%. Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website, dengan bantuan SEO Specialist kamu akan mendapatkan banyak pengunjung per hari.

SEO Specialist dapat bekerja di Startup, perusahaan swasta, agency, hingga membuka jasa konsultan SEO sendiri.

SEO Specialist bertanggung jawab dalam proses meningkatkan peringkat dan visibilitas sebuah situs melalui mesin pencari Google.

SEO specialist menganalisis dan memahami struktur sebuah situs, dan berbagai kata kunci (keywords) terkait dan melakukan optimisasi dengan teknik-teknik khusus agar situs bagaimana mendapatkan posisi terbaik dari mesin pencari seperti Google untuk kata pencarian yang diinginkan.

Selain Spesialis SEO, posisi lainnya terkait SEO antara lain SEO Executive, SEO Manager, dan tertinggi Head of SEO.

Demikian pengertian SEO dan lowongan kerja SEO Specialist. Anda akan otomatis belajar SEO dan menerapkannya jika mengelola website sendiri atau ngeblog.

Video: SEO Website Berita

Sumber: Mailchimp, Gramedia

Pengertian SEO SEO SEO Specialist Website

Related Post

Leave a Reply