Pengertian Pekerja Kreatif dan Peluangnya

71 views

pekerja kreatif

Pekerja kreatif adalah seseorang yang bekerja di industri kreatif, misalnya aktor, penari, musisi, atau kru film.

Pengertian lebih luas, pekerja kreatif adalah siapa saja yang memperoleh penghasilan dari kegiatan berbasis kreatif, budaya, atau artistik, baik penghasilan tersebut diperoleh secara mandiri (sebagai kontraktor independen, pengusaha solo, atau pekerja pertunjukan, misalnya) atau melalui pemberi kerja.

Pekerja kreatif menggunakan kualitas yang unik dari ekspresi individu untuk menghasilkan ide, konten, barang dan jasa.

Pekerja kreatif terkait erat dengan ekonomi kreatif, yaitu ekosistem ekonomi lebih dari 670.000 industri kreatif nirlaba dan nonprofit, seniman, pendidik, pengusaha, vendor, pembuat kebijakan, dan penyandang dana yang memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa berbasis kreativitas dan artistik.

Dari Wikipedia, pekerja kreatif disebut juga profesional kreatif (creative professional) dan spesialis kreatif (creative specialist).

Seorang profesional kreatif yang juga dikenal sebagai spesialis kreatif adalah orang yang dipekerjakan untuk mengekstraksi keterampilan dalam upaya kreatif.

Profesi kreatif termasuk menulis, seni, desain, teater, televisi, radio, film, kerajinan terkait, serta pemasaran, strategi, penelitian dan pengembangan ilmiah, pengembangan produk, teknik, beberapa jenis pengajaran dan desain kurikulum, dan banyak lagi.

Karena banyak profesional kreatif (aktor dan penulis, misalnya) juga dipekerjakan di profesi sekunder, perkiraan profesional kreatif seringkali tidak akurat. Dengan beberapa perkiraan, sekitar 10 juta pekerja AS adalah profesional kreatif; tergantung pada kedalaman dan luasnya definisi, perkiraan ini dapat digandakan.

Contoh Pekerja Kreatif

Perancang grafis (graphic designer) atau desainer grafis merupakan salah satu profesi yang sangat dibutuhkan dalam industri kreatif.

Contoh pekerja kreatif lainnya antara lain copywriter, penulis konten (content writer), pembuat konten (content creator), arti director, fotografer, videografer, web developer, dan penyiar radio.

Pengertian sekaligus contoh pekerja kreatif juga digambarkan penyanyi Willy Winarko dalam lagu Pekerja Kreatif. Berikut ini lirik lagu dan videonya.

Ku pekerja kreatif, freelance kerjaanku
Banyak orang mengira bahwa aku menganggur
Gajiku tidak tetap, klienku banyak mau
Namun, aku bahagia, kar’na ini jalan ninjaku, hah

Sering dikira ngepet sama tetangga
Kantor aku emang nggak jelas di mana
Padahal kerja sampe jam dua
Liat kantong mata, aku kayak panda

Klien minta revisi lagi
Akhirnya kerja keras sampe pagi
Akhir pekan, aku kerja sampe drop
Tanggal merah, hah, itu cuma hoax

Harga ditawar, tapi minta kayak sultan
Basa-basi, basa-basi minta harga teman
Revisi, revisi, revisi, revisi menumpuk
Tapi, tolong cairkanlah invoice-ku

Walau revisiku nggak kelar-kelar
Walau invoice-ku telat dibayar
Walau orang kira ku pengangguran
Aku bahagia

Ku pekerja kreatif, freelance kerjaanku
Banyak orang mengira bahwa aku menganggur
Gajiku tidak tetap, klienku banyak mau
Namun, aku bahagia, kar’na ini jalan ninjaku, hah

Nawar harga nggak pake hati (biasa)
Projek dibayar, terima kasih (biasa)
Orang tua bertanya, “Kamu kerjanya di mana?”
Aku bingung, harus ngejawabnya apa

Apa yang harus kukatakan sama mertua
Kalau aku kerja lepas tanpa jaminan kerja?
Kerjaan nggak nentu, tapi aku tetap happy
Sultan bulan ini, bulan depan, udah sepi

Kerjaan sekarang, baru bayar bulan depan
Ku berdoa bisa bikin seni yang luar biasa (amin)
Apa pun yang terjadi, aku tetap ‘kan berkarya
Pekerja kreatif ini untuk kita semua

Walau revisiku nggak kelar-kelar
Walau invoice-ku telat dibayar
Walau orang kira ku pengangguran
Aku bahagia

Ku pekerja kreatif, freelance kerjaanku
Banyak orang mengira bahwa aku menganggur
Gajiku tidak tetap, klienku banyak mau
Namun, aku bahagia, kar’na ini jalan ninjaku, hah

Aku bahagia, kar’na ini jalan ninjaku, ah
Aku bahagia, ini jalan ninjaku (hah)

 

 

Ekonomi Kreatif Freelancer Gig Economy Pekerja Kreatif

Related Post

Leave a Reply