Pemkot Bandung Minta Penerbangan Dipindah Lagi dari Bandara Kertajati ke Husein

58 views

Bandara Kertajati BJ Habibie

Reaktor.co.id, Bandung — Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meminta agar rute penerbangan yang dialihkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) alias Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, untuk dikembalikan ke Bandara Husein Sastranegara di Kota Bandung.

Pemindahan kembali rute penerbangan dari Bandara Kertajahi ke Husen itu dilatarbelakangi menurun tajamnya jumlah wisatawan ke Kota Bandung.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari, pengalihan 13 rute penerbangan dari dan menuju Bandara Husein ke BIJB berdampak terhadap kunjungan wisata ke Kota Bandung.

Ppenurunan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Kota Bandung itu mencapai 150 ribu orang.

“Jadi ongkoh (katanya) Bandung teh top ten destinasi wisata. Tapi kalau akses udara ditutup yang gimana mau jadi destinasi wisata,” ucapnya dikutip Antara, Senin (28/10/2019).

Selain itu, pengalihan sejumlah rute penerbangan sejak 1 Juli 2019 itu juga membuat Kota Bandung tidak lagi menjadi lokasi favorit untuk penyelenggaraan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) lantaran akses penerbangan yang terbatas.

“Untuk MICE pun, Bandung jadi kota yang dilewat karena mereka lebih senang langsung ke Bali atau Yogya dari Jakarta, gara gara (akses penerbangan) Bandara Husein (terbatas),” ucapnya.

Ia meminta agar rute penerbangan di Bandara Husein dikembalikan seperti semula, setidaknya hingga Tol Cisumdawu yang menjadi akses ke Kertajati selesai dibangun.

Dia juga melihat, kondisi BIJB belum sesuai dengan harapan. Kondisinya masih sepi.

“Jadi sambil nunggu Cisumdawu selesai dan tugas dibalikin aja dulu (ke Bandara Husein). Sekarang BIJB juga sepi,” katanya.

Bandara Husein Sastranegara

Bandara Husein Sastranegara

Menanggapi permintaan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah akan konsisten dan tidak akan berpikir secara sektoral.

“Kita harus konsisten lah, Kertajati adalah masa depan Jawa Barat nggak bisa sektoral mikirin Kota Bandung dan sebagainya,” katanya, Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, kunjangan wisata ke Kota Bandung bisa digenjot dengan promosi.¬† “Promosinya ditingkatkan saja, kan internasional masih ke sana, internasional masih di Bandung,” ujarnya.*

 

Bandara Husein Sastranegara Bandara Kertajati Kota Bandung

Related Post

Leave a reply