Pekerja Migran Indonesia di Taiwan Ikuti Pelatihan Wirausaha

54 views

PMI Taiwan

Reakto.co.id, Taiwan — Ratusan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan mengikuti pelatihan kewirausahaan di Taipei, Taiwan, selama dua hari, 7 – 8 Juli 2019.

Acara yang digelar BNI bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini bertujuan memberikan bekal kemandirian bagi para peserta agar dapat mengelola keuangannya dan menciptakan lapangan usaha setelah kembali ke Indonesia.

Seminar dibuka oleh Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Sarjito dan menghadirkan beberapa narasumber, antara lain Deputi Direktur Literasi dan Informasi (OJK) Greta Joice Siahaan dan Wakil Pemimpin Divisi Internasional BNI I Made Sukajaya.

Dilansir Liputan6, sekitar 450 PMI yang menetap di wilayah Taipei dan sekitarnya mendapatkan informasi mengenai kewirausahaan serta pengelolaan keuangan dan usaha melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk Pekerja Migran Indonesia (KUR PMI), serta bagaimana mengelola usaha sesuai dengan bidang wirausaha yang diminati.

PMI mendapatkan wawasan lebih luas terkait pengelolaan keuangan untuk mempersiapkan masa pensiun.

Hingga 2018, jumlah PMI di Taiwan mencapai sekitar 270.000 orang. Pekerja migran Indonesia ini banyak diminati pemberi kerja di Taiwan. Gaji yang diperoleh PMI di Taiwan termasuk yang tertinggi dibandingkan negara penempatan di kawasan Asia Pasifik lainnya.

Untuk pekerja manufaktur, perawat panti jompo, pekerja konstruksi, dan nelayan mendapatkan gaji minimum 22 ribu dolar Taiwan (setara Rp 11 juta), belum termasuk tambahan pendapatan di luar jam kerja.*

 

Pekerja Migran Pelatihan taiwan

Related Post

Leave a reply