Pekerja Bidang Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan Turun 1,12 Juta Orang

46 views
Ilustrasi Petani

Ilustrasi Petani

Reaktor.co.id, Jakarta — Penduduk yang bekerja pada bidang pertanian, kehutanan, dan perikanan berjumlah 34,58 juta orang atau 27,33% dari seluruh lapangan pekerjaan utama. Angka itu turun 1,12 juta atau 1,46% dibandingkan Agustus 2018 yang tercatat 35,70 juta orang.

Penurunan jumlah pekerja di tiga bidang tersebut dikemukakan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam rilisnya, Selasa (5/11/2019), tentang keadaan ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019.

Menurut Kepala BPS Suhariyanto, hal itu bagus karena ada transformasi tenaga kerja ke industri dan lainnya, yakni ke sektor manufaktur.

Data lain menunjukkan, jumlah pekerja terbanyak di Indonesia lainya per Agustus 2019 berada pada sektor perdagangan besar dan eceran, yakni 23,8 juta orang (18,81%), dan industri pengolahan sebanyak 18,93 juta orang (14,96%).

Menurut anggota DPR RI, Dedy Mulyadi, penurunan pekerja di bidang pertanian terjadi akibat pandangan orang Indonesia dalam melihat pekerja di sektor ini yang kurang menjanjikan.

Dedy meyakini tren penurunan pekerja di sektor pertanian akan terus berlanjut.

“Akan terus menurun kalau tidak ada revolusi di bidang pertanian. Revolusi mental kita itukan mengubah mentalitas petani menjadi tuan,” kata Dedy.

Masalah lain yang didorong agar pekerjaan di sektor pertanian dapat menarik tenaga kerja adalah perlindungan petani dan produksi. Selain itu, perlu jaminan kesehatan dan pendidikan.

“Anak-anak petani harus menikmati pendidikan tinggi yang baik, free dari pemerintah. Bagaimana jaminan perumahan mereka, produksi mereka,” kata Dedy.

“Coba anak-anak yang memiliki kualifikasi intelektual, disiapkan beasiswa untuk disiapkan sebagai petani ahli. [Sekarang] Doktor ahli buah, dia tidak diberdayakan di sini, akhirnya kerja di Malaysia,” kata Dedy. (antara/cnbc)

 

BPS Kehutanan Perikanan Pertanian Petani

Related Post

Leave a reply