Paskibraka Putri 2019 Bercelana Panjang, Tak Lagi Pakai Rok

157 views

Rok dianggap menyulitkan saat baris-berbaris. Dengan bercelana panjang, anggota putri Paskibraka bisa bergerak lebih mudah.

celana panjang paskibraka putri

Paskibra Upacara Peringatan Hari Ibu Provinsi Jawa Barat di Halaman Gedung Sate. Foto: tribunjabar.id

 

Reaktor.co.id, Jakarta — Anggota putri Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2019 tidak lagi memakai rok, tapi celana panjang seperti anggota putra.

Aturan penggunaan celana panjang bagi perempuan dalam Paskibraka ini termaktub dalam Peraturan Presiden Nomor 71/2018 tentang Tata Pakaian pada Upacara Kenegaraan dan Acara Resmi. Pasal 4 Perpres ini mengatur penggunaan rok atau celana panjang bagi perempuan.

Menurut Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Asrorun Ni’am Sholeh,  kebijakan baru ini adalah bagian mekanisme penyeragaman.

“Selama ini, anggota putri Paskibraka pakai rok, lalu ditarik dengan kaos kaki. Tapi tahun ini kita gunakan celana panjang,” katanya dilansir Antara, Sabtu (27/7/2019).

Penggunaan rok dianggap menyulitkan anggota saat baris-berbaris. Celana panjang akan membuat anggota putri Paskibraka bisa bergerak lebih mudah.

Hal itu juga selaras dengan anggota putri Paskibraka yang selama ini berhijab. Menurut Asrorun, kebijakan celana panjang bagi Paskibraka putri ini juga sudah diterapkan di lingkungan TNI dan Polri.

Tahun ini Kemenpora telah menjaring 68 tim Paskibraka 2019 dari 34 provinsi. Mereka tengah menjalani pelatihan di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Cibubur, sebagai persiapan untuk pengibaran Bendera Pusaka di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 di Istana Negara, Sabtu (17/7/2019).

Dengan kebijakan baru ini, setidaknya sejumlah insiden “rok melorot” yang pernah dialami anggota Paskibraka putri tidak akan terulang. Lagi pula, celana panjang membuat aurat wanita tertutup lebih baik, terutama saat berjalan temasuk ketika “jalan di tempat”. (Rml).*

rok melorot paskibraka

Celana Panjang Paskibraka Rok Putri Paskibra Upacara Bendera

Related Post

Leave a reply