OTT Bupati Indramayu oleh KPK Jadikan Jawa Barat ‘Juara Korupsi’

68 views

KPK

Reaktor.co.id, Jakarta –Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Bupati Indramayu, Supendi, dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Senin (14/10/2019).

Dilansir Antara, selain bupati, tujuh orang lain ikut ditangkap, yakni ajudan, pegawai, rekanan, kepala dinas, dan beberapa pejabat Dinas Pekerjaan Umum (PU).

KPK juga mengamankan uang ratusan juta rupiah dalam OTT tersebut. KPK menyatakan, ada dugaan transaksi terkait proyek Dinas PU.

Ditangkapnya Bupati Indramayu menjadian Jawa Barat sebagai provinsi dengan kepala daerah terbanyak yang terlibat kasus korupsi.

Sebelumnya, KPK merilis jumlah kepala daerah di Indonesia yang diproses dan ditangani KPK. Sebanyak 14 kepala daerah di Jawa Barat menjadi tersangka korupsi. Jumlah tersebut merupakan terbanyak bersama kepala daerah di Provinsi Jawa Timur.

Menurut Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, sejak KPK berdiri sampai data per 7 Oktober 2019, total 119 kepala daerah dari 25 provinsi yang diproses dan ditangani KPK.

“Yang paling banyak di Provinsi Jawa Barat dengan 14 kepala daerah dan di Provinsi Jawa Timur dengan 14 kepala daerah juga. Berikutnya ada 12 kepala daerah di Provinsi Sumatera Utara dan 10 kepala daerah di Jawa Tengah,” ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Dengan ditangkapnya Bupati Indramayu, praktis hingga saat ini Jawa Barat menjadi “juara korupsi” yang melibatkan 15 kepala daerah, tertinggi di seluruh provinsi di Indonesia.

Dafta 15 Kepala Daerah di Jabar yang Ditangkap KPK

Berikut ini daftar kepala daerah di Jawa Barat yang sudah ditangkap KPK hingga 15 Oktober 2019.

1. Bupati Bandung Barat Abu Bakar.
2. Bupati Subang Imas Aryumningsih
3. Walikota Cimahi Atty Suharti
4. Walikota Bandung Dada Rosada
5. Bupati Garut Agus Supriadi

6. Bupati Subang Ojang Suhandi
7. Walikota Bekasi Mochtar Muhammad
8. Bupati Karawang Ade Swara
9. Bupati Bogor Rachmat Yasin
10. Bupati Subang Eep Hidayat

11. Gubernur Jawa Barat Dany Setyawan
12. Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin
13. Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra
14. Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar.
15. Bupati Indramayu Supendi.

Sumber: KPK

 

 

Jawa Barat Korupsi KPK OTT KPK

Related Post

Leave a reply