Mulai 2020 Pekerja Migran Dibekali Kurikulum Bela Negara

221 views
Indonesian maids gather Taipei Raiwaly Station relaxation (Shutterstock)

Indonesian maids gather Taipei Raiwaly Station relaxation (Shutterstock)

Reaktor.co.id, MalangPekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri diharapkan menjadi duta bela negara dan duta pariwisata.

Karenanya, pemerintah akan membekali para PMI dengan kurikulum bela negara sebelum diberangkatkan ke negara penempatan.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menggandeng Kementerian Pertahanan (Kemenhan) guna menyiapkan kurikulum bela negara yang akan masuk dalam bahan pelatihan bagi calon TKI sebelum berangkat ke luar negeri.

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, saat ini Indonesia dilanda berbagai masalah yang berpotensi memecah belah kebinekaan. Hal ini bahkan sudah merambah ke TKI.

“Karena itu saya harus bergerak cepat, melakukan koordinasi dan memutuskan untuk memberikan wawasan kebangsaan dan ideologi kepada para pekerja migran sebelum berangkat ke luar negeri,” ujar Ida dalam peringatan Hari Pekerja Migran Sedunia (Migrant Day) di Malang, Rabu (18/12/2019).

“Dengan harapan ketika berangkat sudah tertanam ideologi pancasila dan pulang tetap bangga dengan Indonesia,” imbuhnya.

Menurut Ida, pelatihan nela negara buat calon TKI akan bisa dimulai pada awal 2020.

Selain itu, Ida mengatakan, TKI juga harus jadi duta wisata yang dapat memperkenalkan pariwisata Indonesia. Untuk itu, ia meminta dukungan dan kolaborasi semua pihak.

“Dukungan dari pemerintah daerah juga sangat vital. Semua pihak mempunyai tugas dan tanggung jawab sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sebelum bekerja adalah tanggung jawab bersama dimulai dari pemerintah desa, pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi sampai pemerintah pusat,” ujar Ida.

“Tanpa keberadaan yang optimal dari pemerintah daerah, proses penyiapan dan pelatihan anak-anak kita ini akan jauh dari standar yang diharapkan. Oleh karenanya, mohon juga dukungan dari para kepala desa, camat, para bupati, walikota dan gubernur,” pungkasnya.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam sambutannya melalui tayangan video menerangkan, PMI punya kontribusi besar dalam membantu perekonomian bangsa Indonesia.

“Ada sekitar sembilan juta pekerja Indonesia, mereka tersebar di seluruh dunia. Pengiriman uang dari PMI menurut Bank Indonesa mencapai Rp 128 triliun per tahun. Pemerintah RI berusaha selalu melindungi PMI,” ujar Prabowo memberi sambutan dalam tayangan video. (Detikcom/Beritajatim)

 

buruh migran Migrant Day Pekerja Migran TKI

Related Post

Leave a reply