MotoGP Mandalika Siap Digelar Mulai 2021

138 views

Sirkuit Mandalika

Reaktor.co.id — Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, dinyatakan siap menggelar MotoGP mulai 2021. Kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP ini dikemukakan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

ITDC memastikan, proses pembangunan sirkuit jalan raya (street circuit) berjalan sesuai rencana. Menurut Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer, pembangunan Mandalika Street Circuit untuk penyelenggaraan MotoGP mulai 2021 telah menyelesaikan proses pengukuran topografi dan penyelidikan tanah.

Saat ini telah memasuki tahap land clearing dan pemagaran sekeliling area sirkuit,” katanya dalam keterangan pers dikutip Antara, Sabtu (17/8/2019).

“Kami pastikan pembangunan Mandalika Street Circuit saat ini berjalan sesuai rencana, yaitu memulai konstruksi pada Oktober 2019. Selain kegiatan di lapangan yang fokus pada area sirkuit, berupa pemagaran yang hampir mencapai 50 persen dan land clearing,” kata Abdulbar.

“Sejak Mandalika Street Circuit disepakati menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP di Indonesia, kami mengikuti setiap proses perencanaan, khususnya homologasi sirkuit dengan hati-hati dan sesuai ketentuan, untuk memastikan sirkuit dapat digunakan mulai 2021 dengan tingkat safety sesuai standarisasi FIM dan Dorna,” paparnya.

Ia mengatakan, tanggal balapan MotoGP Mandalika untuk musim 2021 akan diumumkan pada Agustus 2020. ITDC menargetkan dapat melakukan uji kelayakan sirkuit pada akhir 2020.

Kepastian penyelenggaraan even MotoGP di KEK Mandalika diperoleh setelah ITDC menandatangani Promoter’s Agreement dengan Dorna pada 28 Januari 2019 di Madrid, Spanyol. Mandalika ditunjuk untuk menjadi tuan rumah balap MotoGP selama 5 tahun mulai musim 2021.

Selain menjadi tuan rumah balap MotoGP, Mandalika juga mendapatkan kontrak untuk menggelar FIM MOTUL Superbike World Championship (WSBK).

“Penyelenggaraan even MotoGP dan WSBK ini diyakini akan memberikan positioning yang kuat bagi The Mandalika sebagai salah satu destinasi sport tourism unggulan di Indonesia,” ucapnya.

Kesiapan Mandalika menggelar MotoGP mulai 2021 sekaligus membantah kabar yang menyebutkan Mandalika baru bisa menggelar balapan 2022.

Dilansir laman Speedweek, pembangunan sirkuit Mandalika di NTB menemui kendala besar. Pembelian tanah untuk lintasan balap baru di Pulau Lombok tidak sesuai jadwal.  Seorang pemilik tanah mengatakan bahwa pembelian tanah masih di bawah anggaran.

“Penyelenggara MotoGP dan Superbike, yakni Dorna Sport telah diberitahu tentang kesulitan-kesulitan ini, dengan asumsi bahwa hanya tak ada balapan di Indonesia sebelum 2022 nanti,” tulis Speedweek.

“Jadi, akan ada penundaan sekitar satu tahun, yang rencana awalnya pada 2021, nampaknya akan bergeser ke 2022.”

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah, menegaskan, pihak pemerintah daerah akan berupaya keras menyelesaikan masalah ini.

“Saya setuju bahwa pembebasan lahan mengalami beberapa kesulitan. Tapi semuanya masih terkendali dan kita bisa mengatasi masalah ini,” jelas Zulkieflimansyah.

“Tidak ada alasan bagi Indonesia untuk tidak selesai tepat waktu. Kami dari pemerintah provinsi NTB telah mempersiapkan diri dengan baik.”

Konsep Sirkut Jalan Raya

Sirkuit Mandalika

Dilansir laman resmi motogp, kepastian Indonesia menjadi salah satu tuan rumh MotoGP mulai musim 2021 itu setelah Dorna dan Indonesia Tourism Development (ITDC) menjalin kesepakatan di Madrid, Spanyol, 28 Januari 2019.

Penandatanganan Indonesia akan menyelenggarakan balap MotoGP dan WSBK di Mandalika itu dilakukan oleh CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan CEO ITDC Abdulbar M. Mansoer. Penandatanganan kesepakatan turut disaksikan Dubes Indonesia untuk Spanyol Hermono.

ITDC mengonfirmasi akan membangun sirkuit yang mengusung konsep sirkuit jalan raya seperti seri Formula 1 di GP Monako dan GP Singapura. Sirkuit Mandalika akan memiliki panjang 4,32 km dengan 18 tikungan.

“Ini akan menjadi sebuah rencana yang unik. Memiliki sirkuit urban dan kelas dunia di negara dengan fans MotoGP yang sangat besar,” ujar Carmelo Ezpeleta dikutip situs resmi MotoGP.

 

Lombok MotoGP Sirkuit Mandalika

Related Post

Leave a reply