Mobil Ambulans Dikabarkan Bawa Batu, #ManaBatunya Trending

94 views

Ambulans Batunya Mana

Reaktor.co.id, Jakarta — Mobil ambulans milik PMI dan Pemprov DKI dikabarkan membawa batu dan bensin. Polisi menduga, batu dan bensin itu untuk memasok demonstran dalam aksi demo mahasiswa di depan Gedung DPR/MPR, Rabu (24/9/2019).

Polisi memastikan ambulans berisi batu milik Pemprov DKI. Ambulans itu kedapatan mengangkut batu dan bensin di Gardu Tol Pejompongan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. “Ya benar [ada ambulans milik Pemprov DKI],” kata Argo saat dikonfirmasi, Kamis (26/9/2019), dilansir CNN Indonesia.

Argo menyampaikan saat ini mobil ambulans itu telah dibawa ke Polda Metro Jaya untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut. Sopir ambulans yang bersangkutan juga turut diperiksa.

“Diamankan di Polda Metro Jaya untuk dimintai keterangan,” ucap Argo.

Namun, informasi terkait ambulans yang membawa batu dan bensin itu diragukan netizen. Warnaget mempertanyakan “mana batunya”.

Tagar #ManaBatunya pun trending di Twitter dan menganggap polisi menyebarkan hoax.

Kabar ambulans membawa batu dipublikasikan akun resmi TMC Polda Metro Jaya di Twitter @TMCPoldaMetro dan Instagram menyebutkan polisi mengamankan 5 ambulans milik Pemprov DKI Jakarta yang digunakan untuk mengangkut batu dan bensin.

Dalam postingan di Twitter, warganet mempertanyakan keberadaan batu dan bensin yang diangkut oleh ambulans tersebut.

Hingga, Kamis (26/9/2019), media sosial Twitter, #ManaBatunya menduduki trending topic. Tagar tersebut dicuitkan 17 ribu kali lebih.

Akun Facebook yang diduga merupakan relawan dari Palang Merah Indonesia (PMI) menuliskan klarifikasi soal ambulans yang membawa batu dan bensin.

Akun Facebook Eq Prasetyo menuliskan kesedihannya karena PMI yang dituduh telah membawa batu untuk mensuplai pengunjuk rasa.

Tolong di ralat pak.. kami klarifikasi. Kami tidak pernah dan tidak akan pernah melakukan di luar dari tugas kami.

  • Kami BUKAN PEMBAWA BATU
  • Kami TIDAK MENSUPLAY BATU utk pendemo
  • APALAGI menyediakan BENSIN untuk Molotov.
  • PMI diberikan mandat untuk Memberikan bantuan kemanusiaan dan pertolongan Medis.

Mobil ambulans yang diamankan polisi pertama kali diunggah akun twitter @TMCPoldaMetro. Ambulans tersebut diamankan pukul 02.15 WIB, Kamis, 26 September 2019.

Dalam video itu, mobil ambulans berwarna putih dengan logo Pemprov DKI Jakarta dan berplat merah. Ambulans lain berwarna putih juga berlambang Palang Merah Indonesia (PMI).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun buka suara. Anies meyakini ambulans yang disediakan Pemprov DKI Jakarta telah mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam bertugas

“Saya percaya ambulans kita ikutin SOP dan prosedur itu sudah dilakukan lama dari kemarin-kemarin, sejak bertahun-tahun bekerja sesuai SOP,” ucap Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (26/9/2019).

Belakangan, unggahan video yang awalnya diunggah oleh akun Twitter TMC Polda Metro Jaya pada pukul 02.43 WIB, kini telah dihapus. Namun, video tersebut masih dapat ditemukan di Instagram dan Facebook resmi TMC Polda Metro Jaya.

Aksi Demonstrasi Ambulans Batunya Mana Demo Mahasiswa

Related Post

  1. author

    […] Mobil Ambulans Dikabarkan Bawa Batu, #ManaBatunya Trending […]

Leave a reply