Minat Pekerja Berserikat Makin Tinggi

122 views

Pengurus PUK SP LEM PT HIBA Utama bersama Ketua IV DPP FSP LEM SPSI, Surya Sanjaya, (Foto: Anis Fuadi)

Reaktor.co.id – Petang hari itu, Kamis (1/8/2019), M. Husein bersama 14 rekannya sesama pekerja dari PT HIBA Utama berkunjung ke Rumah LEM, kantor sekretariat DPP FSP LEM SPSI.

Mereka adalah pengurus dan Bapor PUK SP LEM SPSI PT. HIBA Utama.  M. Husein sendiri adalah ketua serikat pekerja di perusahaan yang bergerak di sektor transportasi itu.

Tujuan mereka ke Rumah LEM untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) seputar keorganisasian. Dengan penuh antusias, mereka menyimak paparan yang disampaikan Ketua IV DPP FSP LEM SPSI, Surya Sanjaya, SH.

Kepada reaktor.co.id, Husein menuturkan, ia bersama rekan-rekanya mengikuti diklat tersebut setiap hari Kamis. Jadi 4 kali dalam sebulan mereka mendatangi Rumah LEM.

Ketua PUK SP LEM PT HIBA Utama, M Husein (Foto: Anis Fuadi)

PUK SP LEM SPSI PT. HIBA Utama memiliki sebanyak 342 orang anggota. Sebagian besar bekerja sebagai mekanik di perusahaan yang beralamat di kawasan Bekasi Timur, Jawa Barat, itu.

“Tujuan saya selaku ketua PUK LEM SPSI PT HIBA Utama mengajak rekan-rekan pengurus untuk mengikuti diklat di Rumah LEM ini untuk menambah wawasan tentang dunia serikat pekerja, untuk meningkatkan kualitas sumber daya pengurus dalam berorganisasi, dan agar PUK ini semakin solid secara internal,” terang Husein.

Banyak hal baru yang mereka serap selama Diklat, misalnya perkembangan informasi tentang penolakan atas revisi UU Ketenagakerjaan dan poin-poin apa saja yang menjadi dasar penolakan tersebut.

Husein mengaku, selama ini hubungan industrial antara PUK dan manajemen perusahaan berlangsung baik-baik saja. Manajemen perusahaan juga relatif telah mengikuti semua ketentuan perundangan yang berlaku tentang ketenagakerjaan.

“Kalaupun terjadi masalah-masalah menyangkut pekerja, kami selalu kedepankan penyelesaian secara bipartit,” ucapnya.

Soliditas dan loyalitas anggota pada serikat pekerja di PT HIBA Utama, kata Husein, sangat tinggi. Indikatornya, antara lain, konsistensi anggota membayar iuran organisasi serta keikutsertaan yang intensif dalam setiap kegiatan termasuk saat ada aksi unjuk rasa berskala nasional yang dikomandoi DPP FSP LEM SPSI.

BACA JUGA: Lebih Dekat dengan Serikat Pekerja FSP LEM SPSI

Terakhir, Husein memberikan apresiasinya kepada DPP FSP LEM SPSI yang sangat fokus dalam memberikan Diklat kepada PUK-PUK, termasuk dalam mendorong terbentuknya serikat-serikat pekerja yang baru di perusahaan-perusahaan.

“Apa yang selama ini kami dapatkan dari Rumah LEM ini sangat bermanfaat dalam mengkonsolidasi PUK SP LEM SPSI PT HIBA Utama ke depan,” tandas Husein. (AF)*

DPP FSP LEM SPSI PUK SP LEM PT HIBA Utama reaktor Rumah LEM

Related Post

Leave a reply