Mengenal Kepulauan Mariana Utara

552 views
Kepulauan Mariana Utara

Kepulauan Mariana Utara (Google Photo)

Reaktor.co.id — Kepulauan Mariana Utara (Northern Mariana Islands) mendadak jadi perbincangan warganet di media sosial. Nama Kepulauan Mariana Utara jadi trending  topic di Twitter, Rabu (18/9/2019) malam.

Hal itu tidak lepas dari hasil Timnas Indonesia U-16 vs Timnas Kepulauan Mariana Utara U-16 pada pada pertandingan ketiga kualifikasi Piala Asia (AFC) U-16 2020 Grup G di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Timnas Indonesia menang telak 15-1 atas  Kepulauan Mariana Utara. Namun, pelatih Kepulauan Mariana Utara, justru menyampaikan terima kasih kepada suporter Timnas.

“Terima kasih kepada suporter Timnas Indonesia U-16 yang telah hadir di stadion dan memberikan tekanan kepada kami. Tapi, di laga tadi, pemain sudah melakukan yang terbaik,” katanya pada konferensi pers setelah pertandingan dilansir bola.com.

“Saya ingin memberikan apresiasi kepada pemain saya, karena mereka bisa mendapatkan lawan yang cukup bagus. Mereka juga mendapatkan pelajaran yang baik pada pertandingan ini,” imbuhnya.

Kepulauan Mariana Utara

Kepulauan Mariana Utara

Mengutip Wikipedia dan sumber lain, Kepulauan Mariana Utara bernama resmi Commonwealth of the Northern Mariana Islands (Inggris), Sankattan Siha Na Islas Mariånas (Chamorro), dan Commonwealth Téél Falúw kka Efáng llól Marianas (Caroline).

Negara dengan lagu kebangsaan “The Star-Spangled Banner” dan lagu nasional “Gi Talo Gi Halom Tasi” ini beribu kota Saipan, sekaligus kota terbesar di Kepulauan Mariana Utara.

Menggunakan bahasa resmi Inggris, Kepulauan Mariana Utara berpenduduk sekitar 53.833 jiwa (Sensus Penduduk 2010).

Kepulauan Mariana merupakan negara persemakmuran milik Amerika Serikat (AS) di Samudra Pasifik Barat. Ia terdiri dari 15 pulau yang terletak di antara Hawaii dan Filipina.

Nothern Marianas menyatakan diri masuk dalam U.S Commonwealth pada tahun 1975. Amerika Serikat mulai menjalankan pemerintahan di negara ini pada tahun 1976.

Bersama dengan Guam di selatan, Kepulauan Mariana Utara membentuk gugusan Kepulauan Mariana. Pulau-pulau bagian selatan berkapur, dengan teras bertingkat dan terumbu karang mengelilinginya.

Pulau-pulau utara adalah pulau vulkanis, dengan gunung berapi aktif di beberapa pulau, seperti Anatahan, Pagan dan Agrihan.

Kepulauan Mariana Utara memiliki iklim laut tropis yang dipengaruhi oleh angin muson timur laut. Musim kemarau berlangsung dari Desember hingga Juni; musim hujan berlangsung dari bulan Juli sampai November dan dapat membentuk topan.

Keindahan Kepulauan Mariana Utara (TripAdvisor)

Keindahan Kepulauan Mariana Utara (TripAdvisor)

The Guinness Book of World Records mengutip Saipan sebagai kota yang memiliki suhu yang paling layak huni di dunia.

Negara ini merupakan tujuan wisata. Ada tiga pulau utama yaitu Saipan, Tinian, dan Rota yang menjadi tujuan wisata utama. Dari 22 pulau, hanya 3 pulau tersebut yang sudah memiliki jalan beraspal.

Keindahan tropis kepulauan ini menarik wisatawan dari seluruh penjuru dunia, sama seperti Maldives atau Maladewa. (RL).*

 

Kepulauan Mariana Utara pramuwisata Wisata

Related Post

Leave a reply