Menanti Transformasi SPSI Menjadi PPI untuk 2024

61 views
Massa FSP LEM SPSI dalam Aksi Demonstasi

Massa FSP LEM SPSI dalam Aksi Demonstasi (Istimewa)

Oleh Ridwan Sulaeman

Pertemuan presiden serikat pekerja dengan presiden terpilih Jokowi di Istana Negara sebelum susunan kabinet Jokowi-Ma’ruf diumumkan membawa harapan bahwa representasi kaum pekerja akan menjadi bagian kabinet yang akan diumumkan.

Kenyataannya harapan itu hanya menjadi angin sepoi yang berhembus sesaat tanpa meninggalkan jejak atau bekas karena kabinet yang diumumkan tidak merepsentasikan perwakilan buruh atau dua presiden buruh tidak masuk dalam radar presiden terpilih Jokowi-MA.

Kenyataan ini adalah sebuah kemunduran bagi perjuangan buruh kerena buruh merupakan kelompok mayoritas di NKRI ini. Buruh tidak hanya berada di pusat-pusat kota tapi mereka tersebar di sepanjang pantai negeri. Mereka juga bernaung di bawah rindang perkebunan karet dan perkebunan sawit, bahkan mereka bercucuran keringat di pematang sawah dan tambak garam.

Dalam hal sumber daya manusia (human resources), penggiat atau aktivis buruh tidak kalah banyak dan tidak kalah mampu dengan pegiat lain yang tertangkap radar presiden Jokowi-MA.

Dalam jumlah yang sedemikian besar dengan human resources yang mumpuni, mengapa sinyal harapan perjuangan buruh tak tertangkap radar istana?

Bukanlah sebuah angan-angan kosong bagi para pegiat perjuangan buruh untuk mereposisi kembali arah pergerakkan dan perjuangan sehingga kesejahteraan dan perlindungan buruh dapat maksimal dan menjadi nyata.

Dalam perspektif demokrasi, transformasi SPSI menjadi PPI (Partai Pekerja Indonesia) adalah sebuah jalan untuk menguatkan posisi tawar buruh, bahkan dapat menjadi pilihan alternatif dalam memberikan narasi keadilan dan kesejahteraan  sebagaimana yang tertuang dalam falsafah negara sila kelima Pancasila.

Yurisprudensi buruh sebagai trend setter perjalanan bangsa terpampang banyak di belahan bumi, jadi tidak ada salahnya semua penggiat buruh untuk bersama merangkai perahu perjuangan buruh bernama Partai Pekerja Indonesia.

Semoga ekslusivitas setiap serikat buruh dapat melebur dalam satu napas perjuangan bernama PPI yang inklusif. Amin!

 

Partai Pekerja SPSI

Related Post

Leave a reply