Menaker: Syarat Mendapatkan Kartu Prakerja Mudah

103 views

kartu prakerja

Reaktor.co.id — Program Kartu Prakerja akan dilaksanakan mulai 2020. Rencananya, kartu itu akan diberikan kepada dua juta orang yang berhak menerimanya, dengan rincian 1,5 juta orang untuk platform digital dan 500 ribu orang untuk reguler atau pelatihan tatap muka.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyebutkan, syarat untuk mendapat fasilitas kartu tersebut tidak sulit.

“Syaratnya yang enteng-enteng saja,” katanya. “WNI (warga negara Indonesia), berusia 18 tahun ke atas, serta tidak sedang menjalani pendidikan yang formal.”

Dijelaskannya, para pemegang kartu Pra Kerja nantinya akan mendapat macam-macam pelatihan. Bentuk dan sektor pelatihan akan disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas nasional, misalnya manufaktur, ekonomi digital, kesehatan, dan pariwisata.

Selain itupara pemegang Kartu Prakerja akan mendapat insentif selepas masa training. Insentif tersebut diberikan dalam periode tertentu, maksimum tiga bulan.

“Bahasa sederhananya itu untuk membantu transportasi mencari kerja, misalnya begitu. Makanya disebut insentif, bukan gaji,” ujar Hanif dikutip tempo.co.

Ihwal jumlah insentif pemegang kartu prakerja, besarannya masih dikaji. “Bisa jadi formulanya adalah sekian persen dari upah pekerja,” kata Hanif.

Ia juga membantah negara akan memberikan gaji kepada kaum penganggur lewat skema kartu pra kerja. a menegaskan Kartu Prakerja adalah insentif untuk membantu angkatan kerja baru atau korban pemutusan hubungan kerja guna mendapatkan kompetensi di bidang tertentu.

Tiga Kelompok Penerima Kartu Prakerja

Sebelumnya, Hanif menjelaskan tiga kelompok penerima kartu prakerja, yaitu pencari kerja, korban PHK, dan pekerja potensial kena PHK.

Program pelatihan bagi ketiga kelompok penerima kartu itu berupa skilling dan reskilling. Program skilling ditujukan kepada pencari kerja lulusan baru (fresh graduate) untuk mendapat keahlian.

Program reskilling untuk pekerja korban PHK atau yang berpotensi ter-PHK. Tujuannya, mereka mendapat keahlian yang berbeda atau baru untuk alih profesi atau wirausaha.*

 

Kartu Prakerja

Related Post

  1. author

    […] itu merujuk pada program kartu prakerja yang terkesan menggaji para pengangguran setelah mereka mengikuti pelatihan dan pasal dalam RUU […]

Leave a reply