Massa FSP LEM SPSI Surabaya Demo Holland Bakery

0 views

Massa FSP LEM SPSI Surabaya Demo Holland Bakery

Reaktor.co.id, Surabaya — Ratusan pekerja dari Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP LEM SPSI) Kota Surabaya berunjuk rasa di depan kantor PT Abadi Kurnia Citra Rasa (Holland Bakery) di Jl. Kertajaya 63 Surabaya, Rabu (18/11/2020).

Massa berangkat dari beberapa titik kumpul, yaitu Margomulyo, Karang Pilang, dan Rungkut. Mereka berkumpul di depan Holland Bakery yang dijaga pihak kepolisian sekitar jam 12.00 WIB.

Koordinator aksi, Muadji Santoso, menuturkan, aksi ini berawal dari pembentukan serikat pekerja di perusahaan. Namun, setelahnya perusahaan melakukan berbagai tindakan intimidatif kepada pengurus serikat pekerja yang sudah dilantik oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) FSP LEM SPSI Kota Surabaya.

“Perusahaan telah melakukan tindakan union blasting yang melanggar Undang-Undang Nomor 21 tahun 2000,” katanya.

Ia menambahkan, usaha pelaporan kepada dinas tenaga kerja telah disampaikan, tapi perusahaan hanya mewakilkan pada kuasa hukumnya.

Saat mediasi di dinas, para kuasa hukum yang berjumlah 7 orang datang bergantian dan tanpa membawa berkas-berkas materi yang di perlukan dan terkesan tidak memahami kondisi.

“Hal ini menimbulkan kecurigaan, bahwa tim kuasa hukum Holland Bakery sengaja mengulur-ulur waktu untuk mengambil keuntungan pribadi,” lanjut Muadji.

Muadji juga mengungkapkan, saat di Disnaker perusahaan juga terindikasi melakukan banyak pelanggaran normatif selain union blasting, di antaranya pengurangan upah, lembur tidak dibayar, dan tidak dilaksanakannya BPJS Kesehatan.

Kapolsek Gubeng, Komisaris Polisi Palma F. Fahlevi, mengatakan pihaknya telah menugaskan anggotanya untuk mengamankan aksi dan mengatur lalulintas supaya aksi unjuk rasa bisa tetap berjalan dan lalu lintas di sekitar juga tetap lancar.

“Pihak pengusaha sudah mewakilkan pada kuasa hukumnya, tugas kami hanya sebagai pengamanan,” kata Kompol Fahlevi.

Sampai aksi unjuk rasa selesai, pihak pengusaha maupun kuasa hukumnya tidak kunjung menemui aksi massa. (Kas)

demonstrasi Holland Bakery LEM SPSI Surabaya

Related Post

Leave a reply