Masih Banyak Perusahaan Abaikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

285 views

keselamatan kerja k3

Reaktor.co.id, Jakarta — Saat ini masih banyak perusahaan dan masyarakat kurang memahami serta belum menerapkan norma-norma sistem manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Demikian dikemukakan Plt. Dirjen Binwasnaker & K3 Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) Iswandi Hari dalam kuliah umum di Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker), Selasa (17/9/2019).

Iswandi mengatakan, pihaknya ingin meningkatkan pemahaman strategi ataupun program-program K3 yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“Masih banyak perusahaan kurang pemahaman K3, khususnya tentang PAK (SDM K3, pekerja dan pengusaha) dan K3 belum memperoleh perhatian memadai dan kepedulian masih rendah,” kata Iswandi dikutip Kompas.

Selain itu, kendala dan tantangan lainnya adalah SDM K3 belum memadai (kuantitas dan kualitas) serta peran lembaga K3 di perusahaan belum optimal.

“Jangan jadikan K3 sebagai beban, melainkan kebutuhan. Kalau sudah jadi kebutuhan maka harus dipersiapkan semuanya, ” ujar Iswandi.

Iswandi menambahkan, tenaga kerja selalu berhadapan dengan berbagai potensi bahaya di tempat kerja yang berisiko kecelakaan kerja dan Penyakit Akibat Kerja (PAK).

Perlindungan K3 diberikan untuk mencegah atau mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja dan PAK serta meningkatkan produktivitas.

“KK dan PAK menjadi masalah sejak awal dunia industri dan masalah besar bagi kelangsungan usaha. Ini yang terus kami benahi dalam ranah pengawasan ketenagakejaan, ” ujarnya.

Kesehatan dan keselamatan kerja adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja.

Di Indonesia, Keselamatan Kerja diatur dalam UU No 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Disebutkan, setiap tenaga kerja berhak mendapat perlindungan atas keselamatannya dalam melakukan pekerjaan. Setiap orang lainnya yang berada di tempat kerja juga perlu terjamin keselamatannya.

Baca: Standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Permenaker No 5 Tahun 2018

 

K3 Kecelakaan Kerja Kesehatan Kerja Keselamatan Kerja

Related Post

Leave a reply