Mantan Buruh Pabrik Pimpin Organisasi Advokat di Banten

377 views

Advokat Dewa Sukma Kelana, SH, M.Kn bersama advokat lainnya

Reaktor.co.id — Dalam rangka pengembangan dan pembinaan serta sarana perjuangan dalam penegakan hukum di Seluruh Indonesia, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Advokat dan Pengacara Indonesia (HAPI) yang saat ini dipimpin DR. Elza Syarief, SH, MH, selaku ketua umum, telah memberikan kepercayaan kepada Dewa Sukma Kelana, SH, M.Kn, untuk memimpin, membenahi, dan mengibarkan kembali DPD HAPI Banten yang telah ‘mati suri’.

Dewa Sukma Kelana adalah mantan buruh pabrik di Banten, yang kini juga menjabat  ketua DPD FSP LEM SPSI dan Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Banten.

Ketua DPD HPI Banten, Dewa Sukma Kelana, SH, M.Kn bersama Ketua Umum DPP HAPI, Dr. Elza Syarif, SH, MH

HAPI sendiri adalah 1 dari 8 organisasi advokat/pengacara pendiri cikal bakal berdirinya Peradi, sebagaimana tertuang dalam Pasal 32 ayat (3) dalam Bab Ketentuan Peralihan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

(Perhimpunan Advokat Indonesia),ERADI mengingat HAPI adalah salah satu organisasi PERADI saat ini sebagaimana termuat dalam UU Advokat, hal tersebut disampaikan

“Saya percaya bahwa di bawah komando Dewa Sukma Kelana, DPD HAPI Banten dapat berkibar dan berkembang cepat mengingat pengalamannya di organisasi sudah tidak diragukan lagi,” kata Ketua Harian DPP HAPI, Maria Salikin, SH, saat menyambut jajaran pengurus DPD HAPI Banten di ruang kerjanya, di Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Bersama ketua harian DPP HAPI, Maria Salikin, SH, (kiri) di ruang kerjanya di Jakarta, Ketua DPD HAPI Banten, Dewa Sukma Kelana, SH, M.Kn, dan Suandi (kanan)

Dewa Sukma Kelana menyampaikan kesiapannya mengemban amanah dari DPP HAPI, mudah-mudahan keberadaan HAPI di Banten memberi manfaat bagi masyarakat luas pencari keadilan, dan dapat melengkapi wahana penegakan hukum dalam mendorong tegaknya keadilan di negeri ini.

Konsolidasi organisasi

Setelah kepengurusan dilengkapi, Dewa mengatakan, dirinya bersama pengurus DPD HAPI Banten lain yang memiliki cita-cita yang sama akan langsung tancap gas melakukan Pendidikan Khusus Profesi Advokat dan Ujian Advokat bekerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Banten.

Bersamaan dengan itu, lanjut Dewa, DPD HAPI Banten akan segera membentuk kepengurusan DPC-DPC HAPI se-Banten. Tujuannya agar keberadaan organisasi profesi HAPI ini bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk peningkatan dan pengembangan kualitas SDM untuk mewujudkan kesejahteraan melalui peningkatan pendidikan manusia dan advokasi.

Sebagai rasa hormat kepada para pendahulunya, tidak lupa juga Dewa bersama jajaran pengurus lainnya akan sowan ke para sesepuh HAPI yang ada di Banten, yang lebih dahulu mengurusi HAPI, meminta petunjuk dan rekomendasi penambahan pengurus yang bisa menjaga nama baik HAPI dan mengerti tujuan didirikannya HAPI.

“Sejumlah advokat dan tokoh/aktivis pekerja/buruh Banten juga telah menyatakan kesiapannya menjadi pengurus dan anggota HAPI Banten, antara lain (Suandi, SH, MH, dari Kota Tangerang yang sehari-hari menjabat ketua PD FSP KEP SPSI Provinsi Banten), Rustam Efendi, SH, dari Kabupaten Tangerang yang menjabta ketua PD FSP TSK SPSI Provinsi Banten, Evi Silvy Shofawi Haz, SH dari Kota Cilegonyang menjadi pengurus DPD KSPSI Banten, serta para advokat muda yang berpikir progresif, punya inisiatif, dan mandiri untuk mengimbangi zaman,” tutur Dewa Sukma Kelana.

Setelah pengurus lengkap DPD HAPI Banten tersusun, Ketua Umum DR. Elza Syarief, SH, MH akan datang ke Banten bersama Sekjen untuk melantik dan mengukuhkan kepengurusan DPD HAPI Banten secara lengkap yang seremonialnya akan mengundang pejabat yang terkait dengan profesi advokat di antaranya Kapolda Banten, Kajati Banten, Ketua Pengadilan Tinggi Banten, Kanwil Hukum dan HAM Banten, para pengurus Serikat Pekerja atau anggota, para pengusaha, Ormas, LSM, wartawan dan para ketua organisasi Profesi Advokat lainya. (AF)*

Dewa Sukma Kelana DPD FSP LEM SPSI Banten dpd HAPI banten DPD KSPSI Provinsi Banten reaktor

Related Post

Leave a reply